26 C
Medan
Tuesday, June 28, 2022
spot_img

Rencana Kedatangan 500 TKA China Ke Konawe Ditunda

Jakarta, MISTAR.ID
Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan memutuskan menunda rencana kedatangan 500 Tenaga Kerja Asing (TKA) China ke Konawe, Sulawesi Tenggara. Kepala Biro Humas Kemnaker R. Soes Hindharno mengatakan penundaan dilakukan sampai menunggu kondisi dan penyebaran virus corona berhenti serta keadaan berjalan normal.

“Kami putuskan untuk menunda rencana kedatangan 500 TKA sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi Covid-19. Selanjutnya kami akan terus berkoordinasi dengan Gubernur dan ketua DPRD Provinsi terkait hal tersebut,” katanya dalam keterangan yang diterima, Selasa (5/5/20).

Ia mengatakan untuk menindaklanjuti penundaan tersebut, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah telah menginstruksikan kepada Plt Dirjen Binapenta Aris Wahyudi berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat. Koordinasi dilakukan untuk menghentikan merebaknya polemik rencana kedatangan TKA tersebut.

Selain itu, Kementerian Ketenagakerjaan juga telah memerintahkan PT Virtue Dragon Nickel Industry dan PT Obsidian Stainless Steel selaku pengguna 500 TKA itu untuk menunda rencana kedatangan tenaga kerja mereka.

belakangan ini memang menuai polemik dan tentangan. Salah satunya dari Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Abdurrahman Saleh.

Ia bahkan bakal memimpin demonstrasi menolak kedatangan 500 tenaga kerja asing (TKA) dari China. Itu akan dilakukannya jika pemerintah pusat benar-benar mendatangkan TKA Chinadi tengah wabah corona

“Kalau ini tetap dipaksakan datang (500 TKA), intelijen kita bisa mengawasi kapan datangnya. Saya akan memimpin langsung demonstrasi, semoga ini bisa menjadi sejarah, ini bisa dikenang sampai 2024,” kata Abdurrahman sebelumnya.

Abdurrahman menegaskan penolakan dilakukan terkait penyebaran wabah virus corona.

Sumber: CNN Indonesia
Editor: Rika Yoesz

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: