23.1 C
Medan
Friday, December 3, 2021
spot_img

Petugas Bea Cukai Batam Diamuk Massa Saat OTT Bongkar Muat Rokok Ilegal

Batam, MISTAR.ID

Kepala Bidang (Kabid) Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi (BKLI) KPU Bea Cukai Tipe B Batam, M Rizki Baidillah mengatakan, dua petugas Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe B Batam, dianiaya sekelompok massa saat akan menindak lokasi penyimpanan rokok illegal yang berada di Perumahan Villa Hang Lekir, Legenda, Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (31/8/21) lalu.

Rizki menceritakan kronologis penganiayaan terhadap petugas lapangan ini, awalnya terjadi sekitar pukul 16.00 WIB, saat Tim Gempur Rokok Ilegal BC Batam melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) atas kegiatan bongkar muat rokok yang diduga ilegal.

“Saat operasi petugas juga sempat mengamankan dua terduga pelaku. Operasi dilakukan setelah kita mendapat informasi dari intelejen, mengenai aktivitas ilegal di rumah tersebut,” kata Rizki.

Baca Juga:Rokok Ilegal Akan Dihabisi, Bea Cukai Bentuk Program  ‘Gempur Rokok Ilegal’

Saat OTT, petugas amankan puluhan dus rokok ilegal Penggeledahan lokasi tersebut diakui Rizki telah disaksikan perangkat RT RW dan juga petugas keamanan perumahan. Dalam pemeriksaan, petugas berhasil menemukan puluhan dus berwarna cokelat, yang berisi rokok diduga ilegal dan kemudian dilakukan proses pemindahan ke dalam mobil yang dibawa oleh petugas.

Namun dalam perjalanannya, tiba-tiba para petugas didatangi oleh Orang Tidak Dikenal (OTK), yang memarahi petugas dan menghalangi petugas yang tengah mengangkut barang bukti. “Petugas kami kemudian meminta identitas dia (OTK), karena berusaha menghalangi kerja petugas,” terang Rizki.

OTK provokasi massa hingga serang petugas penindakan yang awalnya berlangsung kondusif, tiba-tiba menjadi gaduh, setelah OTK tersebut memanggil sekelompok orang berupaya menghalang-halangi petugas. Melihat kerumunan orang tersebut, Rizki mengungkapkan bahwa para petugas lapangan awalnya berusaha menenangkan massa. “Tapi ada yang memprovokasi, hingga ada yang melempari petugas dengan batu, bahkan ada yang membawa kayu broti,” papar Rizki.

Baca Juga:Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal Disita Bea Cukai Bandarlampung

Melihat situasi semakin tidak kondusif, akhirnya para petugas Bea Cukai Batam memilih mundur, guna menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Namun massa diketahui semakin beringas dan sempat menganiaya dua petugas lapangan saat akan mundur dan kembali ke kendaraan mereka.

Petugas babak belur, rokok ilegal yang diamankan hilang, pelaku lolos, Bea Cukai belum lapor polisi “Kedua petugaa babak belur, bibir pecah serta mengalami luka di kaki dan tangan. Sementara pelaku yang sudah diamankan sebelumnya, menggunakan kesempatan itu dan berhasil meloloskan diri,” jelas Rizki.

Tidak hanya itu, massa juga diketahui mengambil kembali puluhan dus yang diduga berisi rokok ilegal, yang sebelumnya telah dimuat ke dalam mobil oleh petugas. Petugas Bea Cukai belum meneruskan perihal ini ke polisi sebab masih dalam pembahasan internal. “Saat ini untuk tindak lanjut masih dibicarakan internal, untuk perkembangan selanjutnya akan disampaikan nanti ya mas,” pungkas Rizki. (kompas/hm12)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: