26.7 C
Medan
Wednesday, September 28, 2022
spot_img

Pendaftaran CPNS Mulai 11 November 2019

Jakarta, MISTAR.ID – Pemerintah akhirnya merilis waktu pembukaan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dimulai 11 November 2019. Informasi tersebut dinyatakan dalam surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokraksi (PANRB).

Dalam surat tertanggal 28 Oktober 2019 yang ditandatangani Tjahjo Kumolo itu, disebutkan lowongan CPNS yang dibuka untuk 68 Kementerian/Lembaga dan 462 di Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota. Pendaftaran CPNS dilakukan sepenuhnya secara online melalui SSCASN BKN.

Sementara itu, setiap pelamar hanya bisa mendaftar di 1 instansi dan 1 formasi jabatan di Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah Provinsi/Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk kompetensi dasar (KSD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT) direncanakan dimulai bulan Februari 2020 dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada bulan Maret 2020.

“Pengumuman lebih lanjut terkait persyaratan pendaftaran dan lain-lain, akan diumumkan oleh Badan Kepegawaian Negara dan instansi masing-masing,” demikian isi lampiran surat tersebut seperti dikutip Mistar, Senin (28/10/19).

Tiga Besar Formasi

Sementara itu, pemerintah telah menyiapkan 152.286 formasi pada seleksi CPNS kali ini. Pembukaan seleksi terbagi pada beberapa formasi. Rinciannya, instansi pusat sebanyak 37.425 formasi pada 68 K/L dan Instansi Daerah 114.861 formasi pada 462 pemerintah daerah.

“Ada dua jenis formasi yang dibuka pada CPNS tahun 2019 ini, yaitu formasi umum dan formasi khusus,” ujar Kepala BKN, Bima Haria Wibisana, Senin (28/10/19).

Dia menjelaskan Formasi khusus meliputi cumlaude, diaspora, dan disabilitas pada instansi pusat dan daerah, serta formasi khusus putra-putri Papua, dan formasi lainnya yang bersifat strategis pada instansi pusat.

Sedangkan formasi jabatan yang dibuka adalah tenaga pendidikan, kesehatan, dosen, teknis fungsional, dan teknis lainnya.
Tiga besar formasi pada penerimaan CPNS kali ini adalah guru (63.324 formasi), tenaga kesehatan (31.756 formasi), dan teknis fungsional (23.660 formasi).
“Seperti halnya pada penerimaan CPNS sebelumnya, setiap pelamar hanya dapat melamar pada 1 formasi di 1 instansi,” tambah dia.

Pembukaan penerimaan CPNS tertuang dalam pengumuman Menteri PANRB nomor B/1069 /M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah, pada Senin (28/10/2019).
Pengumuman tersebut akan diikuti pembukaan pendaftaran secara daring (online) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id pada tanggal 11 November 2019.

Bagi yang ingin mengikuti penerimaan CPNS 2019, harus menyiapkan dokumen. Diantaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi.

“Dokumen yang perlu disiapkan pelamar untuk diunggah ke dalam portal SSCASN,” jelas Bima Haria Wibisana.

Dia menuturkan, dalam masa pengumuman ini, instansi yang membuka formasi CPNS 2019 diharapkan mempublikasikan pengumuman resmi pada situs web dan media sosial masing-masing.

Pada tahun ini pemerintah tidak membuka formasi tenaga administrasi karena jumlahnya sudah hampir separuh dari total di Indonesia. Saat ini Pemerintah fokus membuka formasi untuk jabatan yang dapat berkontribusi memberikan perubahan.

“Selanjutnya perlu kami sampaikan bahwa saat pendaftaran daring telah dibuka, masyarakat diharapkan terlebih dahulu membaca dan memahami segala ketentuan pendaftaran yang akan tertuang pada portal SSCASN,” kata dia.

Bagi yang ingin mengikuti penerimaan CPNS 2019, harus menyiapkan dokumen. Ini di antaranya scan KTP asli, foto, swafoto, ijazah dan transkrip nilai asli, serta beberapa dokumen pendukung lainnya yang dipersyaratkan oleh instansi.

Sumber: Kumparan
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

NU Sarankan Legislatif dan Eksekutif Duduk Bersama Bahas P-APBD Dairi

Dairi, MISTAR.ID Ketua Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Dairi Tuppak Padang angkat bicara terkait belum dibahasnya Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun Anggaran 2022 Kabupaten...

Pantau LOC Kesiapan Tuan Rumah Gelar Pertandingan, Dua Petinggi PT LIB...

Medan, MISTAR.ID Dua petinggi PT LIB (Liga Indonesia Baru) melakukan safari ke Kota Medan, dalam rangkaian kunjungan mereka ke sejumlah daerah yang menjadi peserta kompetisi...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: