25 C
Medan
Tuesday, October 26, 2021
spot_img

Kursi Erick Thohir dan 5 Dirut BUMN Bakal Diduduki Perempuan Muda

Jakarta, MISTAR.ID

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bekerja sama dengan Yayasan Plan International Indonesia (YPII) dan Srikandi BUMN menyelenggarakan kegiatan ‘Girls Take Over’.

Nantinya, para peserta yang terpilih diberi kesempatan untuk merasakan ‘Sehari Jadi Menteri dan menjadi Direktur Utama 5 BUMN’.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mendukung kesetaraan gender di Indonesia dan mendukung perempuan muda agar tumbuh menjadi pemimpin. Setidaknya dari total pendaftar 7.023 orang, 6 di antaranya berhasil masuk ke tahap akhir.

Baca Juga:Menteri BUMN Bahas Potensi Sumut Bersama Gubsu dan Wagub

Keenam perempuan tersebut adalah Adinda (19) dari Jawa Tengah, Arum (23) dari Sulawesi Selatan, Putri (21) dari Jawa Barat, Sharon (24) dari Jawa Barat, Sisilia (22) dari Nusa Tenggara Timur, dan Virdha (23) dari Jawa Tengah.

Selain posisi Menteri BUMN Erick Thohir yang diambil alih akan ada 5 posisi Dirut BUMN lain yang ikut digantikan sehari di antaranya yaitu Angkasa Pura I, Bank Mandiri, Bank Rakyat Indonesia, Kimia Farma, dan Telkomsel.

Menteri BUMN Erick Thohir menyambut baik kegiatan tersebut. Dia mengatakan, hal ini jadi program strategis sesuai dengan transformasi human capital di BUMN serta tujuan Woman Leadership di BUMN.

Baca Juga:Menteri BUMN Erick Thohir, Rombak Jajaran Direksi Dirut Pelindo I dan III

“Ini juga masuk ke salah satu kepemimpinan muda di BUMN yang kita ingin nantinya pemimpin BUMN ini di bawah 42 tahun dengan target 5% di tahun ini dan 10% di tahun 2023. Nah hal-hal ini tentu karena terjadi program yang menjadi bagian 2 payung (human capital dan woman leadership) tadi saya sangat menyambut baik,” kata Erick di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (27/9/21).

Pada kesempatan tersebut, Erick juga sempat memberikan bocoran dengan guyonan bagi perempuan muda yang ingin duduk menggantikannya sebagai Menteri BUMN.

“Satu, untuk yang menggantikan saya, hari ini baru kenal ya jadi prosesnya butuh beberapa hari nanti saya minta hari ini mereka keliling Monas 10 kali karena perlu kuat fisik, karena jadi menteri perlu fisik,” tuturnya.

Baca Juga:Menteri BUMN Erick Thohir, Menantang Generasi Milenial Indonesia untuk Meningkatkan Kewirausahaan

“Kedua dijemur di matahari ya setengah hari karena mesti tahan panas, karena kursi menteri itu kursi panas. Nggak ya itu bercanda,” guyonnya.

Meski begitu, dia meyakini bahwa proses seleksi akan berlangsung secara baik. Dalam 1-2 hari ke depan pihaknya akan memberi tahu sosok kaum muda yang akan menggantikannya sebagai Menteri BUMN.

“Saya berharap ke depan juga dari enam ini tentu menjadi sumber leadership juga baik di BUMN ataupun di bidangnya masing-masing. Karena itu penting sekali, saya rasa menciptakan leadership-leadership baru yang berbobot, kita tidak bisa mengontrol yang memimpin itu-itu saja,” ungkapnya.

Baca Juga:Menteri BUMN Tetapkan Pembagian Tugas Wakil Menteri

Ke depan dalam proses seleksi akan diadakan beberapa meeting Kementerian BUMN, interview langsung dengan Erick, interaksi dan bentuk kepemimpinan para finalis. Setelah itu, proses pengambilalihan posisi Menteri BUMN dan pemimpin lainnya akan dilakukan pada tanggal 30 September dan 1 Oktober 2021.

“Nanti untuk menggantikan saya beberapa ada meeting casual yang saya minta mereka pimpin, nanti saya akan memberikan tipsnya agar mereka tidak under pressure. Kita akan lakukan beberapa paparan juga, kita akan turun ke bawah melihat beberapa program yang sudah berjalan di BUMN siapa tahu ada masukan,” jelasnya. (detik/hm14)

spot_img

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
19,600FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: