22 C
Medan
Thursday, May 26, 2022
spot_img

Dana Pemda Ratusan Triliun Membengkak Lagi di Bank

Jakarta, MISTAR.ID
Kementerian Keuangan mencatat, hingga akhir November realisasi belanja pemerintah daerah (Pemda) seharusnya sudah mendekati 60%, namun karena banyak kontrak yang belum dibayar kelihatan masih sedikit.

Alhasil, dana simpanan Pemda kembali membengkak. Per akhir 31 Oktober 2021 simpanan pemda di perbankan tercatat sebesar Rp226,71 triliun.

Nilai simpanan ini naik dibandingkan bulan sebelumnya yang hanya Rp194,12 triliun. Hal ini pun membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati geram.

Baca Juga:Rp230 Triliun Dana Pemda Mengendap

“Sebetulnya ada peningkatan dari segi kecepatan Pemda lakukan realisasi. Namun dari jumlah memang relatif rendah, ini disebabkan beberapa hal,” ujar Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Astera Primanto Bakti, Kamis (2/12/21).

Pertama, karena kebijakan refocusing anggaran. Di mana kebijakan ini membuat Pemda harus mengubah dokumen dan melakukan koordinasi kembali dengan DPRD sehingga ada banyak kontrak belanja yang belum diselesaikan sepenuhnya.

“Nah ini ada proses politik berjalan di daerah yang mengakibatkan daerah terjadi keterlambatan pembuatan kontrak. Sampai triwulan III aja kita lihat masih ada kontrak yang belum sepenuhnya close,” kata dia.

Baca Juga:Pemda Diperbolehkan Realokasi APBD untuk Bansos dan Stimulasi Ekonomi

Kedua, terlambatnya realisasi anggaran Pemda juga disebabkan oleh pembayaran kontrak yang belum dilakukan. Padahal banyak kontrak yang sudah selesai namun belum dibayarkan ke vendor atau kontraktor.

“Biasanya vendornya nagih sekaligus di akhir-akhir. Makanya ini nanti terlihat meningkat tajam di akhir tahun,” sebutnya.(cnbc/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: