31.7 C
Medan
Monday, July 4, 2022
spot_img

Covid-19 “Menyerang” Mantan Menkes RI

Jakarta, MISTAR.ID

Korona virus tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tapi virus ini turut berperan menyebarkan hoaks. Korbannya kali ini mantar Menteri Kesehatan RI, Nila Moeloek. Dia korban percakapan Whatsapp yang sempat viral soal kembalian uang tidak boleh dipegang.

Disebutkan, mantan Menkes itu menyarankan agar masyarakat tak memegang uang secara langsung, tapi menggunakan plastik bening.

Berikut narasinya:

“Ini ada usulan dari ibu Nila Muluk..Assalamualaikum, Saya menganjurkan kepada kita semua untuk membawa plastik bening ukuran 1 kg kalau keluar. Pastikan semua uang kembalian jangan dipegang, tapi masukan ke kantong plastik itu dan tutup rapat. Setelah ada kesempatan jemur plastik tersebut beserta uang tadi di matahari,.paling tidak 30 menit, in Syaa Allah sudah cukup aman. Mari kita mulai putuskan mata rantai penularan dari diri kita sendiri. In Syaa Allah bermanfaat “.

Penjelasan:
Saat tim Antara melakukan konfirmasi kepada Nila Moeloek via pesan singkat pada Senin (16/3/2020), dia mengatakan kabar tersebut adalah hoaks.

“Hoax…maaf.” tulis Nila yang juga ahli oftalmologi itu.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam mengatakan untuk mencegah COVID-19, penguatan daya tahan tubuh menjadi hal utama, karena dapat mencegah infeksi penyakit.

Masyarakat diimbau untuk tidak sembarangan memegang benda yang ada di jalan untuk mengurangi paparan. Karena, tidak menutup kemungkinan droplet atau percikan yang mengandung kuman penyakit menempel di benda-benda yang sering dipegang banyak orang.

Masyarakat juga diminta untuk sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer agar tangan tetap bersih dan steril.

Menggunakan hand sanitizer dengan 96 persen alkohol bisa mematikan virus yang menempel di tangan dalam satu menit.

Mereka yang sakit seperti batuk dan bersin juga diharapkan menggunakan masker untuk mencegah penularan penyakit lewat droplet kepada orang lain.

Saat batuk atau bersin, orang sebaiknya menutup mulutnya dengan tisu atau lengan baju. Hindari menutup mulut dengan telapak tangan.

Masker dan tisu yang sudah dipakai juga harus dibuang ke tempat sampah tertutup agar tidak berpotensi sebagai sumber penyakit.

sumber : antar
Editor : mahadi

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: