26.7 C
Medan
Thursday, September 29, 2022
spot_img

Bursa Calon Panglima TNI Mencuat, Ada Andika Perkasa hingga Yudo Margono

Jakarta, MISTAR.ID

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto akan memasuki masa pensiun pada November 2021 mendatang. Dan, beberapa nama perwira tinggi Tentara Nasional Indonesia (TNI) disebut-sebut bakal menggantikannya.

Mantan Kepala Staf TNI AU itu telah menjabat sebagai orang nomor satu di lingkungan militer sejak 2017 menggantikan Gatot Nurmantyo. Namun, DPR belum menerima Surat Presiden (Surpres) Joko Widodo (Jokowi) menyodorkan nama calon Panglima TNI sampai saat ini.

Bila Surpres sudah didapatkan, DPR akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan terhadap nama yang disodorkan oleh Jokowi.

Baca Juga:Keren, TNI AD Gunakan Helm Berteknologi Untuk Cegah Covid-19

Berikut yang dirangkum media ini beberapa nama petinggi TNI yang disebut-sebut berpotensi kuat sebagai calon panglima TNI:

1. Jenderal Andika Perkasa

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa disebut-sebut sebagai kandidat terkuat calon Panglima TNI. Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP Effendi Simbolon menyebut jenderal kelahiran Bandung itu akan menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Hadi.

Bahkan, Effendi menyebut Pangkostrad Letjen TNI Dudung Abdurachman bakal menjadi KSAD bila Andika menjabat sebagai Panglima TNI. Tak hanya Effendi, beberapa anggota Komisi I DPR, seperti dari Fraksi Gerindra Fadli Zon dan Fraksi Demokrat, Syarief Hasan juga mendukung langkah Andika menjadi panglima.

Baca Juga:Kembali Covid di Lingkungan TNI, 36 Prajurit yang BKO di Papua Barat Positif

2. Laksamana Yudo Margono

Tak hanya Andika, Kepala Staf TNI AL (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono juga disebut-sebut sebagai kandidat terkuat untuk menempati posisi Panglima TNI menggantikan Hadi. Terlebih lagi, jika merujuk pada matra, Angkatan Laut yang mendapat giliran memegang tongkat komando Panglima TNI setelah Angkatan Udara. Namun, semua keputusan itu tetap berada di tangan Jokowi selaku presiden.

Pada pertengahan Juni 2021 lalu, Effendi Simbolon sempat membeberkan calon Panglima TNI mengerucut pada dua nama, yakni Jenderal Andika Perkasa dan Laksamana Yudo Margono. “Kita rujuk lagi bisa menjadi dua, dua itu KSAD dan KSAL,” kata Effendi kepada wartawan, baru-baru ini.

Sebelum menjabat sebagai KSAL, Yudo sempat memegang jabatan strategis di TNI AL. Di antaranya sebagai Pangarmada I pada 2018-2019 dan Pangkogabwilhan I 2019-2020.

Baca Juga:SBY Serukan ‘Perang’ Setelah Moeldoko Terpilih Ketum KLB Demokrat

3. Marsekal Fadjar Prasetyo

Selain Andika dan Yudo, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo juga masih memiliki peluang menggantikan Hadi sebagai Panglima TNI. Anggota Komisi I DPR dari Fraksi Golkar, Dave Laksono menilai tiga Kepala Staf TNI dari darat, laut dan udara memiliki peluang yang sama untuk menjabat sebagai panglima.

Mereka bertiga, kata Dave, merupakan perwira terbaik di Indonesia yang mampu mengemban pelbagai tugas sebagai pucuk tertinggi militer. “Jadi siapapun yang presiden tentukan jadi yang terbaik, kami siap bekerja sama untuk melindungi kedaulatan Indonesia,” kata Dave, Minggu (5/9/21).

Sebelum menjabat sebagai KSAU, Fadjar sempat menjabat sebagai Pangkoopsau I sejak 2018 hingga 2019. Setelah itu, ia menjabat sebagai Pangkogabwilhan II dari 2019-2020. (cnn/hm12)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Jelang Ajang F1 H2O, Warga Minta Tanah Lapang Sisingamangaraja Tidak Dialih...

Toba, MISTAR.ID Sejak Kabupaten Toba menjadi kandidat tuan rumah penyelenggaraan Formula 1 Boat Race (F1 H2O) yang direncanakan digelar pada Februari 2023 mendatang, pemkab terus...
Pilpanag Simalungun Digelar 15 Maret 2023

Pilpanag Simalungun Digelar 15 Maret 2023

Tertarik mendaftar KIP Kuliah Beasiswa Kemendikbudristek, Simak Cara Daftar Berikut

Jakarta, MISTAR.ID KIP Kuliah adalah salah satu bantuan dana pendidikan yang dinaungi oleh Kemendikbudristek. Beasiswa ini ditujukan bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi namun...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: