26.7 C
Medan
Thursday, September 29, 2022
spot_img

Bantuan 400 Konsentrator Oksigen Datang dari Australia untuk RI

Canberra, MISTAR.ID
Australia kembali mengirimkan 400 konsentrator oksigen ke Indonesia sebagai dukungan melawan pandemi untuk RI. Berarti total bantuan yang diterima Indonesia sudah 700 konsentrator oksigen.

“Australia bekerja sama dengan teman dekat dan mitra strategis komprehensif kami, Indonesia, dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19,” kata Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne di akun Instagram-nya, Senin, 16 Agustus 2021.

“Pekan ini, Australia kembali mengirimkan 400 konsentrator oksigen ke Indonesia, sehingga jumlah yang telah dikirim menjadi 700. Ini merupakan tambahan dari 1.000 ventilator yang telah tiba di Indonesia,” imbuhnya.

Canberra bermitra dengan Jakarta untuk membantu respons Covid-19 dengan memperluas kapasitas pengujian cepat. Negeri Kanguru itu juga membantu mempertahankan layanan kesehatan yang ada dan fasilitas medis darurat.

Baca juga: Australia Minta Bantuan Militer Atasi Kenaikan Kasus Covid-19

Sebanyak 1.000 ventilator sudah dikirimkan Australia ke Indonesia pada Juli lalu. Selain ventilator, Australia juga akan mengirimkan 2,5 juta dosis vaksin, oksigen konsentrator, tabung oksigen, test kit antigen, alat pelindung diri (APD), dan alat-alat kesehatan lainnya secara bertahap.

“Paket bantuan dari Australia termasuk 12 juta dolar Australia (sekitar Rp130 miliar) untuk peralatan medis terkait oksigen dan peralatan medis lainnya, termasuk 1.000 ventilator, 700 konsentrator oksigen, lebih dari 170 ribu tabung oksigen serta berbagai bahan suplai medis lainnya,” kata Payne bulan lalu.

Baca juga: Terbukti Pasukannya Membunuh, Panglima Militer Australia Minta Maaf

Payne menambahkan, lebih dari 40 ribu alat uji antigen cepat juga termasuk dalam paket bantuan tersebut. Selain itu, 2,5 juta dosis vaksin AstraZeneca akan dikirimkan Negeri Kanguru pada 2021.

“Paket tersebut diberikan atas dukungan kuat Australia untuk respons covid-19 Indonesia,” tuturnya. (medcom/hm06)

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Jelang Ajang F1 H2O, Warga Minta Tanah Lapang Sisingamangaraja Tidak Dialih...

Toba, MISTAR.ID Sejak Kabupaten Toba menjadi kandidat tuan rumah penyelenggaraan Formula 1 Boat Race (F1 H2O) yang direncanakan digelar pada Februari 2023 mendatang, pemkab terus...
Pilpanag Simalungun Digelar 15 Maret 2023

Pilpanag Simalungun Digelar 15 Maret 2023

Pemkab Toba dan DPRD Tandatangani Nota Kesepakatan Ranperda P APBD TA...

Toba/Mistar Setelah melalui sejumlah tahapan sejak pengajuan yang kemudian dilanjutkan dengan pembahasan secara intensif antara Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kabupaten Toba bersama Badan Anggaran...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: