31 C
Medan
Sunday, May 29, 2022
spot_img

80 Persen Warga Indonesia Kemungkinan Sudah Terinfeksi Varian Delta

Jakarta, MISTAR.ID

Sebanyak 80 persen penduduk Indonesia kemungkinan sudah terinfeksi Covid-19 varian Delta. Hal ini disampaikan Epidemiolog Universitas Gajah Mada Citra Indriani. Bahkan, ia menduga banyak masyarakat tak memiliki gejala lantaran imunitas sudah terbentuk.

“Infeksi Covid-19 lebih dari 50 persen adalah asimtomatis. Mungkin 80 persen penduduk kita telah terinfeksi (Varian) Delta,” kata Citra dilansir dari media, Minggu (21/11/21).

Lantaran imunitas sudah terbentuk, kasus positif Covid-19 di Indonesia turun drastis. Namun, ia tak bisa menjamin antibodi bisa menghalangi gelombang ketiga Covid-19.

Baca Juga:Kapolri : Penanganan Covid-19 Indonesia Nomor 1 di Asia Tenggara

“Sebagian besar infeksi natural membentuk antibodi yang spesifik untuk virus atau strain virus yang menginfeksi, tidak untuk strain yang lain. Sehingga imunitas alamiah yang terbentuk saat ini mungkin tidak bisa kita andalkan apabila kita kedatangan strain yang baru,” kata Citra.

Dosen Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) UGM itu menjelaskan selain faktor imunitas alamiah pascaterinfeksi, program vaksinasi juga berpengaruh besar. Sasaran vaksinasi sudah menyasar 208 juta orang. “Sebanyak 88 juta di antaranya sudah mendapat dosis vaksin lengkap,” ucap Citra. (medcom/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: