22.7 C
Medan
Thursday, January 20, 2022
spot_img

World Patient Safety Day, dr Zainal: Keselamatan Pasien Harus Jadi Budaya

Medan, MISTAR.ID

Hari Peringatan Keselamatan Pasien se-Dunia (world patient safety day), diharapkan dapat menjadi momentum untuk membudayakan keselamatan pasien dalam setiap pelayanan yang diberikan.

“Keselamatan pasien itu sangat penting dan harus membudaya bagi tenaga kesehatan, bahwa sekarang dalam melayani pasien sudah patient center, artinya orientasi kita adalah pasien. Jadi, semua berkolaborasi untuk menciptakan keselamatan pasien, pasiennya selamat,” kata Direktur Utama (Dirut) Rumah Sakit Umum Pusat H Adam Malik, (RSUPHAM) dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) saat memperingati hari keselamatan pasien sedunia di RS Adam Malik, Jumat (17/8/21).

Zainal menjelaskan, world patient safety day yang digagas oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) pada tahun 2021 ini mengangkat tema ‘safe maternal and newborn care’, yang memprioritaskan kebutuhan dan keselamatan perawatan ibu dan bayi baru lahir. Terkait dengan hal itu, Zainal menyampaikan bahwa RS H Adam Malik juga ikut berkontribusi dalam upaya menurunkan angka kematian ibu dan anak.

Baca Juga: Mengapa Pasien Covid-19 yang Telah Pulih Harus Mempertimbangkan Vaksin Flu

“RSUPHAM juga menjadi pengampu untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Sumatera Utara dan Aceh. Jadi, kita akan bersama-sama menurunkan angka kematian ibu dan bayi secara serentak, dengan bimbingan dari Kementerian Kesehatan RI,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, jajaran pimpinan RSUPHAM bersama perwakilan tenaga kesehatan di lingkungan rumah sakit rumah sakit terakreditasi JCI ini mengucapkan deklarasi komitmen untuk mendukung pelayanan ibu hamil dan bayi baru lahir, sesuai dengan tema peringatan.

“Tenaga kesehatan RSUPHAM memberikan dan mendukung pelayanan yang profesional, terintegrasi, menjamin keamanan, serta menghargai ibu hamil dan bayi baru lahir,” tandasnya diikuti seluruh tenaga kesehatan Rumah Sakit Adam Malik.(saut/hm02)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: