USU Siapkan Exist Program Menuju Kampus Merdeka, Merdeka Belajar

    Rektor USU, Dr. Muryanto Amin.(f, mistar/Ist)

    Medan | MISTAR.ID

    Menuju Kampus Merdeka, Merdeka Belajar, Universitas Sumatera Utara (USU) tengah ‎fokus siapkan kebaharuan serta adaptif dalam merespons segala perkembangan salah satunya dengan Exist Program.

    Hal itu, diungkap Rektor USU, Dr. Muryanto Amin, Selasa (23/2/21). Ia menjelaskan Exist Program ini akan diterapkan dalam kebijakan umum selama lima tahun yang akan datang.

    “Exist Program tersebut di antaranya adalah Excellent Human Integrity, Smart Friendly and Green Campus, Global Society Impact, Good University Governance dan Sustainable Funding,” ungkap Muryanto.

    Baca Juga: Paripurna DPRD Medan Usulkan Pelantikan Bobby-Aulia

    Tujuan kebijakan umum Exist Program, Muryanto menjelaskan agar lulusan USU memiliki dua kompetensi sekaligus. Pertama memiliki moralitas serta ke-Indonesiaan yang kuat. Kedua, memiliki kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia industri sekaligus mampu memberikan kontribusi terhadap masalah-masalah yang terjadi di tengah masyarakat.

    “Kebijakan umum tersebut, akan diimplementasikan dalam program-program kerja prioritas, yang kesemuanya dimaksudkan agar lulusan USU mampu bersaing di tengah hiper kompetisi, mampu menjadi pemenang di tengah persaingan global serta cepat mengatasi kendala yang dihadapi akibat disrupsi pada era Revolusi Industri 4.0,” jelas Muryanto.‎

    Saat ini, menurutnya implementasi program kerja selama tahun 2021-2026, pada tahun pertama yaitu 2021 adalah fokus meletakkan fondasi yang kuat seperti rancangan penyesuaian peraturan agar lebih agile dan learner dalam pengelolaan kampus.

    Baca Juga:Gedung Fakultas Ekonomi USU Medan Terbakar

    “Dekonstruksi kurikulum menjadi sangat penting untuk mempersiapkan lulusan USU yang memiliki solusi dari masalah yang spesifik namun memiliki perspektif yang global (global perspective) dalam Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar,” tutur Muryanto.

    Selanjutnya, ‎Reformasi birokrasi agar lebih ringkas, efisien. Namun, memenuhi prinsip transparansi dan kepastian menjadi bagian dari fondasi yang dilakukan di internal USU.

    “Proses pembelajaran ada di mana saja, kapan saja dan dari mana saja karena kebenaran selalu ada dalam setiap ruang dan waktu,” pungkasnya. (Anita/hm13)