29 C
Medan
Friday, September 30, 2022
spot_img

USU Jalin Kerja Sama dengan 2 Universitas Ternama di Korsel

Medan, MISTAR.ID

Universitas Sumatera Utara (USU) menjalin kerja sama dengan dua universitas di Korea Selatan (Korsel) yakni Namseoul University dan Seoul Institute of Technology and Education (SITE). Kerja sama ini merupakan implementasi dari program internasionalisasi USU.

Rektor USU Dr Muryanto Amin mengatakan, yang menjadi perhatian menarik dari MoU ini, bahwa USU akan mengembangkan beberapa program yang menjadi prioritas seperti Global Leadership and IT dan Smart Farming for Industry.

“Usai MoU saya langsung mendiskusikan secara rinci dua program itu kepada President Namseoul University Yoon Seung Yong serta akan memilih personal in charge (PIC) guna memastikan dua program tersebut berjalan sesuai rencana,” ujarnya, Selasa (20/9/22).

zbscs juga:USU dan Peradi Tandatangani Kerjasama Tingkatkan Pendidikan di Bidang Hukum

Muryanto mengatakan, global Leadership and IT merupakan kebutuhan yang harus dimiliki mahasiswa dalam menghadapi era industri 5.0. Pada program global leadership akan dibahas bagaimana pola kepemimpinan dan menyikapi isu-isu internasional serta solusi untuk mengatasinya.

“Sementara Smart Farming for Industry, lebih mengimplementasikan teknologi dalam tata kelola pertanian dan perkebunan yang ada di Sumatera Utara,” katanya.

Menurut Muryanto, dua program tersebut akan sangat baik bila diterapkan di USU dan lebih luas lagi bagi industri pertanian di Sumatera Utara. Untuk kerja sama dengan Seoul Institute of Technology and Education (SITE), USU akan memfokuskan pada pengembangan program industri otomotif.

“SITE sendiri melalui Korea International Cooperation Agency (KOICA) sudah menghibahkan peralatan-peralatan untuk mengembangkan industri otomotif yang dipusatkan di Fakultas Teknik USU,” ucapnya.

Personal In Charge (PIC) Kerja Sama USU dengan Universitas di Korea Selatan Prof Budi Agustono MS menjelaskan, ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang sebelumnya dilakukan di USU.

Baca juga:Polandia Tingkatkan Kerjasama untuk Internasionalisasi USU

“Sebelumnya pihak Namseoul University dan SITE telah berkunjung ke USU untuk MoA. Namseoul University di Korsel merupakan kampus yang punya reputasi di level internasional,” ujarnya.

Budi mengatakan, pihaknya juga ingin mendorong kerja sama di bidang kebudayaan khususnya untuk Pusat Studi Kajian Kebudayaan dan Etnik USU. Hal itu dirasa penting, agar tercipta kolaborasi riset-riset internasional baik di bidang industri maupun kebudayaan. (ial/hm06)

 

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Irvanli Silalahi, Alumni SMAN 5 Pematang Siantar yang Raih Beasiswa Kuliah...

Pematang Siantar, MISTAR.ID Impian Irvanli Yosua Silalahi (18)  untuk bekerja di luar negeri makin jelas di depan mata. Pasalnya, alumni SMAN 5 Pematang Siantar ini...

Kota Medan Tertinggi Komunitas LSL yang Terpapar HIV/AIDS

Medan, MISTAR.ID Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Sumut Ikrimah Hamidy mengatakan, mendominasinya persentase kasus penularan HIV/AIDS di komunitas Lelaki Suka Lelaki (LSL) lantaran perilaku...
MotoGP akan Balapan di India Mulai 2023

MotoGP akan Balapan di India Mulai 2023

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: