22.8 C
Medan
Friday, January 28, 2022
spot_img

UMA Peringkat 1 Universitas Swasta Terbaik di Pulau Sumatera

Medan, MISTAR.ID

Universitas Medan Area (UMA) kembali meraih peringkat 1 selama dua periode pada penilaian Universitas Swasta Terbaik di Pulau Sumatera berdasarkan Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli tahun 2021.

Peringkat ini secara resmi diterbitkan oleh webometrics.info yang merupakan suatu sistem yang memberikan penilaian terhadap seluruh universitas terbaik di dunia melalui informasi berbasis website yang dimiliki dan dikembangkan universitas tersebut.

Rektor UMA Prof Dr Dadan Ramdan mengaku bersyukur atas capaian yang menunjukkan UMA sebagai kampus yang berada pada deretan kampus terbaik. “Ini adalah kerja keras seluruh komponen UMA,” ujarnya, Selasa (3/8/21).

Baca Juga:Rektor Unimed Terharu Diangkat Anggota Senat UCDC Rumania

Dadan berharap, prestasi ini akan dipertahankan bahkan ditingkatkan dari waktu ke waktu hingga menjadikan UMA menjadi kampus yang berkiprah tidak saja dalam wilayah nasional, namun juga regional dan internasional.

“Kita meyakini bahwa usaha kerja keras yang dibarengi dengan doa dan ketaqwaan akan membawa hasil yang terbaik,” ungkapnya.

Kepala Pusat Data dan Aplikasi Informasi (PDAI) UMA Rangga Satya Tarigan ST mengatakan, tujuan awal dari pemeringkatan webometrics ini merupakan wujud untuk mempromosikan kehadiran web akademik, serta mendukung inisiatif akses terbuka.

“Demi mencapai tujuan ini, publikasi peringkat merupakan salah satu alat yang paling kuat dan sukses untuk memulai dan mengonsolidasikan proses perubahan di dunia akademis,” ungkapnya.

Baca Juga:Berkas Mantan Rektor UINSU Dilimpahkan ke PN Medan Kasus Dugaan Korupsi Rp10,3 Miliar

Rangga menguraikan, penilaian Webometrics Ranking of World Universities tahun 2021 menggunakan metodelogi yang sama melalui perhitungan 3 komponen seperti pada edisi lalu.

“Peningkatan yang dialami UMA adalah salah satu wujud prestasi untuk membuktikan bahwa UMA mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya se-Indonesia,” tegasnya.

Rangga menambahkan, berkat kerja keras seluruh civitas di lingkungan UMA yang didukung penuh oleh Ketua Yayasan Pendidikan Haji Agus Salim dan Rektorat, UMA mengalami peningkatan peringkat Universitas Terbaik di Indonesia. “Harapannya prestasi ini adalah langkah awal bagi UMA untuk memberikan publikasi yang bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat,” pungkasnya. (ial/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: