10.5 C
New York
Wednesday, April 24, 2024

Tingkatkan Pelayanan Publik, Pemko Medan Gelar Bimtek Customer Service

Medan, MISTAR.ID

Untuk peningkatan kemampuan dalam pelayanan publik, Pemko Medan melalui BKDPSDM Kota Medan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Customer Service di Grand Kanaya Hotel, Senin (8/8/22). Bimtek yang diikuti seluruh ASN di lingkungan Pemko Medan khususnya di bidang pelayanan publik ini dibuka Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Umum Renward Parapat.

Pemateri Bimtek didatangkan dari Pusat Pengembangan Kompetensi Teknis Sosial Kultural ASN Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LANRI) Isti Heriani dan Plt Kaban BKDPSDM Sutan Tolang Lubis diwakili Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Alfa Rheza Daulay.

Membacakan sambutan Bobby Nasution, Renward Parapat mengatakan, salah satu indikator keberhasilan SDM terkhusus yang berada di garda depan pelayanan publik adalah kualitas layanan yang dihasilkannya.

Baca juga: 101 ASN Pemko Medan Ikuti Bimtek Penyusunan dan Penetapan SKKAAD

“Peningkatan kompetensi dalam melayani customer adalah suatu keharusan agar lebih meningkatkan pengetahuan dan perubahan mindset dalam pengelolaan pelayanan pemerintah Kota Medan,” ucapnya.

Dijelaskannya, Pemko Medan terus berupaya dalam membenahi kualitas pelayanan publik menjadi lebih baik melalui peningkatan sarana dan prasarana yang semakin memadai, serta memanfaatkan informasi dan teknologi.

“Sarana dan prasarana yang baik jika tidak didukung oleh SDM yang mumpuni tentu tidak akan menghasilkan layanan yang memuaskan. Saya berharap pertemuan ini tidak hanya menambah wawasan, tetapi juga inspirasi serta motivasi kepada para peserta semua, sehingga dapat berkomitmen dan bertanggung jawab untuk memberikan performa pelayanan yang terbaik,” harapnya.

Sementara itu, Isti Heriani dari Pusat Pengembangan Kompetensi Teknis Sosial Kultural ASN Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LANRI) menjelaskan, dalam Bimtek ini dirinya akan menyampaikan kebijakan secara nasional terkait dengan pelayanan publik. Baik itu standar minimal pelayanan agar bisa diakses masyarakat maupun pelayanan yang tidak berbayar atau transparan.

Baca juga: 27 Proposal Berhasil Didanai, Unimed Gelar Bimtek PKM Persiapan PKP2

“Pelayanan harus objektif, tidak membedakan dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat sehingga masyarakat terasa terlayani. Saya harap peserta bisa menguraikan apa saja yang dirasa kurang dalam pelayanan publik. Nantinya kita akan petakan, sehingga akan kita berikan masukan sebagai perbaikan dalam pelayanan publik,” katanya.

Sebelumnya, Plt Kaban BKDPSDM Sutan Tolang Lubis diwakili Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Alfa Rheza Daulay mengungkapkan, bahwa Bimtek ini digelar selama 4 hari mulai tanggal 8-11 Agustus 2022.

“Pelatihan Bimtek Customer Service ini diselenggarakan dengan tujuan melatih dan memperkuat softskill PNS di lingkungan OPD yang berorientasi pelayanan dan memiliki SOP front office,” jelasnya. (rahmad/hm09)

Related Articles

Latest Articles