30 C
Medan
Thursday, May 26, 2022
spot_img

Super Blood Moon, Banjir Rob Belawan Genangi Ribuan Rumah Warga

Belawan, MISTAR.ID

Banjir rob (air pasang laut) kembali menggenangi Kota Belawan yang mengakibatkan ribuan rumah kembali terendam banjir. Aktivitas pasang air laut maksimum yang diprediksi berpotensi terjadi mulai 24-29 Mei 2021 di wilayah Pesisir Belawan.

Akibat genangan yang lebih tinggi dari banjir sebelumnya membuat tranportasi di sekitar Pelabuhan Belawan dan daerah pesisir menjadi terganggu. Begitu juga aktivitas masyarakat, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan. Dalam keterangan BMKG masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak banjir pesisir (rob) serta memperhatikan update cuaca Maritim dari BMKG.

Fenomena banjir rob kali ini lebih tinggi dari pada kejadian sebelumnya, karena bulan berada pada posisi Perigee (jarak terdekat dengan bumi). Fenomena ini juga bersamaan dengan fenomena gerhana bulan total Perigee (Super Blood Moon) menurut sumber BMKG.

Baca juga: Banjir Rob Belawan, Gubsu: Warga Yang Harus Diperhatikan

Peristiwa alam itu pun membuat warga tidak dapat berbuat banyak hanya saja warga sudah diwanti-wanti untuk mewaspadai akan ada pasang lebih besar lagi di pesisir Belawan. Namun begitu, salah seorang warga Belawan 1, Parulian menyebut di musim Pilkada Kota Medan, kandidat Bobby dan Aulia Rahman menyampaikan orasi politiknya siap mengatasi banjir rob, namun hingga kini belum menunjukkan gebrakan untuk mengatasi banjir rob tersebut.

Air pasang Selasa (25/5/21) mulai pukul 13.30 WIB terlihat menggenangi Jalanan Stasion, Jalan Paus Kelurahan Bahagia, Jalan PLTU Sicanang, Jalan Serma Hanafia kelurahan Belawan 1 , Kelurahan Bahari, Bealawan 2 dan Bagan Deli serta perumahan Nelayan Indah Kecamatan Medan Labuhan juga Yong Panah Hijau Kecamatan Marelan air pasang ROB sudah membanjiri pemukiman warga. (kamaluddin/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: