30 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

Suhu di Arab Diprediksi Capai 50 Derajat Celcius, PPIH Imbau Calon Jemaah Minum Air Sebelum Haus

Medan, MISTAR.ID
Petugas Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi mengimbau kepada calon jemaah Haji Indonesia untuk melaksanakan gerakan minum air sebelum haus mengingat tingginya suhu di Arab Saudi saat ini yang berkisar di angka 40-44 derajat celcius, bahkan diprediksi bisa mencapai 50 derajat celcius.

“Oleh karena itu kita mengimbau jemaah haji untuk melaksanakan gerakan ini, kemudian kita sarankan juga agar memperdalam manasik haji,” ungkap Tim Promosi Kesehatan PPIH Arab Saudi 2022 dr Aris Yudhariansyah, Kamis (26/5/22).

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) ini menyebutkan, dalam kondisi udara yang panas tersebut, jemaah haji tentu harus dapat terus menjaga kesehatan dan kondisi fisiknya.

Baca juga:3.777 Calon Jemaah Haji Kloter I Asal Sumut Terbang ke Arab Saudi pada 11 Juni 2022

“Selain rajin minum air putih, jemaah Haji juga kita minta untuk rajin mengkonsumsi asupan makanan yang bergizi,” jelasnya.

Menurut Aris, dengan kondisi panas yang sedang terjadi di Arab Saudi tersebut, para jamaah tentunya jangan sampai meremehkan situsi ini, agar pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan baik. Kendati begitu, tambah dia, tim kesehatan PPIH juga akan siap dan berupaya agar jemaah haji Indonesia yang berangkat, khususnya dari Sumut dapat tetap sehat hingga kembali ke Tanah Air nantinya.

“Jangan meremehkan situasi apa pun. Jaga kesehatan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, perkiraan suhu di Makkah dan sekitarnya mencapai 50 derajat celcius saat pelaksanaan ibadah haji tersebut dikemukakan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas usai melaksanakan lawatan selama lima hari ke Arab Saudi. Dalam kunjungan kerjanya, Menag Yaqut Cholil Qoumas mengecek kesiapan penyelenggaraan haji di Arab Saudi dan tiba kembali di Indonesia pada Senin 23 Mei 2022.

Baca juga:Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Dirawat di RS

“Jadi kemarin kami ke sana, itu temperatur kurang lebih 40 – 44 derajat celcius. Menurut informasi yang saya terima di Saudi, itu belum di masa puncak. Nanti di saat pelaksanaan ibadah hingga puncak haji diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celcius,” ujarnya. (saut/hm06)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: