30 C
Medan
Saturday, July 24, 2021

Stok Vaksin Covid-19 Dosis Pertama Terbatas di Medan

Medan, MISTAR.ID

Satgas Penanganan Covid-19 Kota Medan mengaku kalau saat ini Kota Medan sedang kekurangan logistik vaksin Covid-19 dosis pertama. “Logistik kita belum semua masuk. Untuk dosis pertama ditunda dulu menunggu stok datang dari pusat,” kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Kota Medan, Mardohar Tambunan, Kamis (22/7/21).

Dia juga mengakui, kondisi ini memang sudah berlangsung sejak beberapa hari belakangan ini. “Sudah beberapa hari ini,” ucapnya. Akan tetapi Mardohar meyakinkan, jika stok vaksin akan tiba secepatnya ke Kota Medan. Karena sambung dia, meski Medan menerapkan PPKM Darurat, vaksinasi masih terus berjalan seperti di eks Bandara Polonia, Polsek, Lapangan Benteng dan Puskesmas, walau hanya bisa melayani vaksinasi untuk dosis kedua.

“Vaksinasi terus berjalan, hanya saja belum maksimal karena masih menunggu vaksinnya datang. Sekarang logistik kurang peminatnya banyak, kalau dulu logistik cukup peminatnya sedikit. PPKM Darurat ini juga tidak berpengaruh pada vaksinasi, karena jumlah peminatnya membludak misalnya saja seperti di Polonia,” tandasnya.

Baca juga: TMP Bersama Pemko Medan Gelar 1.000 Vaksinasi Covid-19 Tahap II

Sebelumnya, pelaksana Tugas (Plt) Dinas Kesehatan Sumatera Utara (Sumut), Aris Yudhariansyah menyebutkan, minimnya dosis vaksin yang diterima oleh Sumut menyebabkan mereka memprioritaskan distribusi vaksin untuk daerah dengan kasus Covid-19 tertinggi seperti Medan.

Minimnya jatah vaksin yang diterima dari pemerintah pusat juga secara langsung mempengaruhi persentase vaksinasi yang sudah dilakukan. “Dari target 11 juta di Sumut, baru 16 persen untuk dosis pertama. Sedangkan untuk dosis kedua lebih rendah di kisaran 4-5 persen,” kata Aris usai sosialisasi bersama tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh adat di Aula Tengku Rizal Nurdin, rumah dinas gubernur, Rabu (21/7/21). (saut/hm09)

Related Articles

Stay Connected

0FansLike
2,870FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles

%d bloggers like this: