23.9 C
Medan
Saturday, January 29, 2022
spot_img

Pulang Dari Malaysia Warga Binjai ODP Covid-19

Binjai, MISTAR.ID

Hasil pantauan terhadap 5 warga Binjai dan 3 warga Langkat sepulang pengajian di Tawau Malaysia mendata ada satu orang terduga orang dalam pengawasan (ODP), di wilayah hukum Polres Binjai.

Kabid P2P Dinkes Kota Binjai mengatakan, 6 Maret 2020 seorang warga Kelurahan Berengam Kecamatan Binjai Kota, R (50), mendatangi Puskesmas Binjai Kota dengan keluhan demam dan batuk.

Kepada dr Wahyu di Puskesmas itu, dia menjelaskan dirinya salah satu rombongan yang mengikuti pengajian di Malaysia, 29 Februari 2020, bersama jemaah pengajian yang berpusat di Marelan.

Menggunakan Air Asia melalui Singapura dia dan rombongan kembali ke Sumut, 5 Maret 2020.

Atas keterangan itu Puskesmas Binjai Kota berkoordinasi dengan Dinkes Kota Binjai, dan merujuk R ke RS Artha Medica untuk ditangani dr Dian Sp.P.

Dari hasil foto rontgen, R mengalami bronkopneumonia kanan (Infeksi Paru). Lalu dokter menyarankan agar pasien diisolasi di rumah. Sayangnya pasien tidak kooperatif dan masih pulang-pergi dari Binjai ke Marelan Kecamatan Labuhan Deli untuk mengikuti pengajian.

Selasa 10 Maret 2020, R kembali berobat ke RS Artha Medica karena mengalami demam yang semakin berat. Lalu Jumat 13 Maret 2020, Dinas Kesehatan Kota Binjai mendapat informasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, sewaktu di Malaysia, Rada melakukan kontak fisik dengan pasien positif COVID-19 asal Brunei Darussalam.

Kemudian Dinas Kesehatan Kota Binjai bekerjasama dengan pihak Puskesmas Binjai Kota menghubungi R untuk datang ke Pustu Kelurahan Berengam Kota Binjai. Kemudian pasien dibawa ke RSUD Djoelham Binjai, dan berdasarkan hasil rontgen di RSUD Djoelham, pasien harus dirujuk ke RS Adam Malik Medan.

Selain R, ada 7 orang rekannya sesama warga Binjai dan Langkat hadir dalam kegiatan pengajian di Tawau. Mereka yang berasal dari Binjai S (55) Binjai Barat, S (60) Binjai Utara, MM (38), Binjai Utara, AL (49) Binjai Utara dan dari Langkat A (50) Kuala Begumit, AS (50) Kuala Begumit, R (49) Pertumbukan.

Sekembalinya dari Malaysia, ketujuh orang rekan R langsung melakukan kegiatan Tabligh ke Desa Kota Datar, Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Sedang.

Terhadap rekan R ini masih dilakukan pendalaman terhadap aktifitas warga Kota Binjai dan Langkat itu.

Dari pantaun pihak berwajib, Sabtu (14/3/20), pukul 07.50 WIB, R terlihat di rumahnya. Yang bersangkutan kembali dari RS H. Adam Malik Medan menggunakan Grab dan tiba di rumahnya, Jumat (13/3/20) sekitar pukul 23.00 WIB.(ist/hm03)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: