spot_img

PT KAI Sumut Lakukan Sosialisasi Keselamatan Serentak di 77 Pelintasan Sebidang

Medan, MISTAR.ID

Guna menekan angka kecelakaan dan mengedukasi masyarakat agar tertib berlalu lintas saat di perlintasan sebidang, serta dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kereta Api sekaligus Hari Perhubungan Nasional yang diperingati setiap bulan September, PT KAI Divre I Sumatera Utara melakukan kegiatan Sosialisasi Keselamatan Serentak di 77 Titik Pelintasan Wilayah PT KAI Divre I SU, Jumat (30/9/22) pagi.

Adapun 77 Titik Pelintasan Sebidang di wilayah Divre I Sumatera Utara yang menjadi lokasi sosialisasi keselamatan tersebar di beberapa kota dan kabupaten Sumatera Utara. Di antaranya Medan, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Tebing Tinggi, Simalungun, Siantar, Batu Bara, Asahan, Tanjung Balai, Labuhanbatu Utara, dan Binjai.

Dikatakan serentak, karena Divre I SU melaksanakan sosialisasi keselamatan ini dalam satu waktu yang sama, yakni di pukul 09.00 WIB di 77 pelintasan sebidang.
Dalam pelaksanaan sosialisasi di 77 titik lokasi pelintasan tersebut, Divre I SU mengerahkan 350 pekerja dari berbagai unit dan jabatan, serta turut mengundang Direktorat Keselamatan Perkeretaapian, Balai Teknik Perkeretaapian Sumatera Bagian Utara, Dinas Provinsi Sumatera Utara, Dinas Perhubungan Kota/Kabupaten, Kepolisian dan TNI.

Baca Juga:Kapolda Sumut Ajak Masyarakat Naik Kereta Api

Sosialisasi Keselamatan di Pelintasan Sebidang yang mencapai 77 titik dalam waktu serentak ini memang belum pernah dilakukan sebelumnya di wilayah lain, dan rekor angka ini akan dicatatkan oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) dengan tajuk Rekor “Sosialisasi Keselamatan di Lintasan Sebidang Kereta Api Serentak di Lokasi Terbanyak”.

“Memberikan sosialisasi keselamatan kepada masyarakat dan pengguna jalan di sekitar pelintasan sebidang bukan kali pertama ini kami lakukan. Hampir setiap bulan kami laksanakan di lokasi pelintasan sebidang yang berbeda-beda. Namun pada momentum HUT KAI ke-77 ini kami ingin menjangkau lebih lagi, yakni di 77 pelintasan sebidang secara serentak. Bukan hanya sekadar rekor tapi juga mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menaati aturan lalu lintas di pelintasan sebidang. Sesuai tema HUT KAI ke-77, kami ingin Bangkit Lebih Cepat Melayani Lebih Baik,” beber Vice President Divre I SU, Yuskal Setiawan pada wartawan.

Perlintasan sebidang merupakan perpotongan antara jalur kereta api dan jalan yang dibuat sebidang. Banyaknya perlintasan sebidang di sepanjang rel dikarenakan meningkatnya mobilitas masyarakat pengguna kendaraan yang harus melintas atau berpotongan langsung dengan jalan kereta api.

Baca Juga:Naik Kereta Api, ini Syarat Terbaru Mulai 15 Agustus 2022

Hal tersebut juga menjadikan perlintasan sebidang sebagai salah satu titik rawan kecelakaan. Di wilayah Divre I SU sendiri tercatat, ada 96 pelintasan sebidang berpalang dan 232 pelintasan sebidang tidak berpalang.

“Kami berharap melalui kegiatan Sosialisasi Keselamatan ini, masyarakat dapat semakin disiplin saat di pelintasan sebidang, mengutamakan perjalanan KA saat palang pintu pelintasan sudah tertutup dan sirine dibunyikan, serta selalu menerapkan #Berteman yaitu Berhenti Tengok Kanan Kiri Aman Jalan,” pungkas Yuskal. (anita/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: