27 C
Medan
Thursday, May 26, 2022
spot_img

PPKM Darurat, Umat Muslim Sholat Idul Adha Secara Prokes di Medan

Medan, MISTAR.ID
Sejumlah umat Islam melaksanakan sholat Idul Adha di beberapa mesjid di Kota Medan dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes), Selasa (20/7/21). Padahal pemerintah telah memutuskan meniadakan sholat berjamaah di mesjid selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Di masjid Raya Al Mashun Medan, jemaah lebih lengang dari tahun lalu. Begitu juga jika dibandingkan saat pelaksanaan salat Idul Fitri pada Mei lalu.

Jemaah memadati ruang utama masjid peninggalan Kesultanan Deli itu. Mereka berupaya menjaga jarak aman. Pengurus BKM Al Mashun sudah menandai lantai pelataran dengan tanda silang untuk menjaga jarak antar jemaah.

Baca juga: Rayakan Idul Adha, Kapolres Simalungun Ajak MUI Himbau Warga Jalankan Prokes

Sebelum sholat dimulai seorang petugas TNI yang sedang berjaga mengingatkan kepada jemaah untuk menegakkan Prokes. “Yang tidak mau memakai masker silahkan keluar,” ujar prajurit TNI itu menggunakan pengeras suara.

Datuk Empat Suku Kesultan Deli Datuk Adil Freddy Haberham mengatakan, pihaknya tetap mengupayakan penegakan Prokes dalam pelaksanaan salat ied. “Kita lihat selama ini, biasa penuh ke jalan. Tahun ini tidak,” kata Freddy.

Sejumlah jemaah mengaku sedikit khawatir mengikuti salat berjemaah. Lantaran saat Medan ini masih PPKM Darurat. Kasus di Kota Medan juga masih tinggi.

“Yah memang sedikit khawatir. Tapi kita tetap ikhtiar untuk menegakkan Prokes. Yang penting kita masih bisa salat Ied berjemaah,” seorang jemaah Ja’far.

Baca juga: Demi Idul Adha, Bangladesh Cabut Lockdown

Sejumlah umat muslim juga melaksanakan sholat Idul Adha di Mesjid Agung. Di lokasi ini juga para jemaah menerapkan prokes saat melaksanakan sholat.

Badan Kenaziran Masjid (BKM) Masjid Agung Medan memastikan pihaknya menegakkan protokol kesehatan secara ketat. “Berdasarkan keputusan rapat pengurus Jumat kemarin Salat Idul Adha tetap digelar dengan protokol kesehatan yang ketat. Jemaah Wajib memakai masker, bawa sejadah sendiri. Selain itu ada jarak antar saf,” sebutnya. (Saut/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: