24.1 C
Medan
Wednesday, August 10, 2022
spot_img

PPKM Bakal Diperpanjang 6 Minggu, PSMS Medan Minta Ketegasan PSSI

Medan, MISTAR.ID

Wacana adanya perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat selama 6 minggu oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, membuat sejumlah klub merasa was-was akan diundurnya kembali jadwal kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Kekhawatiran itu juga muncul dari klub berjuluk Ayam Kinantan, PSMS Medan. Sekretaris Umum (Sekum) PSMS Medan Julius Raja meminta agar PSSI dan PT LIB selaku operator liga memberikan ketegasan.

Meski mengaku masih menunggu kabar resmi dari PSSI dan PT LIB, Julius ingin kejadian musim lalu tidak terulang kembali, hingga mengakibatkan sejumlah klub rugi besar. “Dari musim lalu PSSI dan PT LIB belum pernah memberikan bantuan kepada klub, apalagi mengganti kerugian klub. Jika ini terjadi, yang dirugikan itu manajemen klub,” ujar Julius saat dikonfirmasi, Rabu (14/7/21) pagi.

Baca Juga:PPKM Darurat, Agenda PSMS Diliburkan Sepekan

Dikatakan Julius, pihaknya berharap PSSI dan PT LIB mengeluarkan sikap tegas terkait penggajian pemain ataupun jadwal pasti kompetisi. Seandainya tak bisa digelar tahun ini, ia berharap secepatnya disampaikan kapan digelar lagi, sehingga klub bisa mengambil langkah dan tidak harus mengeluarkan anggaran lebih besar lagi. “Berkaca pada musim lalu, klub sangat dirugikan dengan adanya pengunduran jadwal kompetisi hingga akhirnya dihentikan, terutama dalam kontrak pemain,” ungkapnya.

Kemudian masalah status pemain, PSSI dan PT LIB harus mengeluarkan keputusan resmi baik surat ataupun hal lain kepada pemain untuk tidak sembarangan berpindah klub karena masih berstatus kontrak dengan klub asal. Julius mencontohkan Wanggai, OK Jhon dan Escobar. Manajemen PSMS saat itu sudah memberi kompensasi kepada klub, memberi DP dan membayar gaji sesuai kontrak.

“Tapi saat kompetisi dihentikan, mereka statusnya free dan bebas berpindah klub. Sementara PSMS sudah ke luar uang banyak. Ke depan ini harus difikirkan. Jika memang diundur kembali, harus ada bahasa dari PSSI dan PT LIB bahwa status pemain masih terikat dengan klub asal,” tegasnya.

Baca Juga:Mundur ke September, Manajemen PSMS Intip Soal Kemungkinan Liga 2 Akan Dihelat di Sumatera

Terakhir, sebut Julius, ke depan manajemen PSMS berharap kembali digelar rapat virtual yang dihadiri PSSI, PT LIB dan klub sebagai peserta. “Kita maunya ada rapat virtual yang dihadiri PSSI dan PT LIB serta klub peserta. Jadi rapat berlangsung tiga arah dan perwakilan klub bisa mengusulkan dan menyampaikan keinginan mereka,” pungkasnya.

Sekadar informasi, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan PPKM Darurat bakal diperpanjang hingga 6 minggu guna menurunkan angka kasus Covid-19. Risiko pandemi Covid-19 di Indonesia masih tinggi, terlebih dengan munculnya varian delta. Penerapan PPKM darurat diharapkan dapat menurunkan mobilitas masyarakat.

“PPKM darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus Covid-19. Mobilitas masyarakat diharapkan menurun signifikan,” jelasnya dalam bahan paparan saat Rapat Kerja bersama dengan Badan Anggaran DPR RI, Senin (12/7/21). (ial/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: