31 C
Medan
Sunday, May 29, 2022
spot_img

Poldasu Dukung Media Publish Warga yang Tak Pakai Masker

Medan, MISTAR.ID

Polda Sumatera Utara masih terus menggencarkan imbauan kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satu Prokes tersebut, agar selalu memakai masker jika di luar rumah.

Namun berdasarkan pantauan di lapangan, masih banyak ditemukan masyarakat yang tidak mematuhi Prokes tersebut.

Masyarakat yang keluar rumah khususnya pada malam hari, acap terpantau tidak memakai masker. Padahal memakai masker adalah senjata pertama dalam menekan penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Pengunjung Pasar Ramai di Siantar Namun Abaikan Prokes Covid-19

Menanggapi pelanggaran Prokes ini, Kabid Humas Polda Sumatera Utara Kombes Pol Hadi Wahyudi menanggapi mistar.id, mengatakan, pihaknya tak pernah berhenti memberikan imbauan agar masyarakat mematuhi Prokes.

Bahkan, bagi masyarakat yang lupa atau tidak punya masker sama sekali, disikapi Poldasu dengan memberikan atau membagikan masker secara cuma-cuma kepada warga agar memakai masker.

“Kita juga melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat fasilitas umum,” sebut dia.

Baca Juga: Belum Ada Sanksi Tegas Terhadap Pelanggar Prokes di Simalungun Setelah Dikeluarkan Perbup, Ini Penjelasan Satgas

Terkait masih adanya warga yang mengabaikan protokol kesehatan, Hadi mendukung media untuk mempublish warga yang tidak memakai masker.

“Wartawan mengambil foto (tidak pakai masker) silahkan aja, itu nanti bagian dari koreksi kita,” sebutnya.

Ia menyebutkan, dengan dipublishnya warga yang tidak makai masker, kiranya dapat menyadarkan warga yang tidak pakai masker tersebut.

“Jadi masyarkat tau, masyarakat masih ada yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan,” ujar dia.

Baca Juga: DPRD Medan Minta Satgas Covid-19 tidak Tebang Pilih Sanksi Pelaku Usaha Pelanggar Prokes

“Nah, jadi warga yang tidak memakai masker lebih hati-hati, (karena bisa difoto wartawan). Bagus itu,” kata dia.

Selain itu, dengan memampangkan foto yang tidak pakai masker, agar ada rasa malu bagi mereka, karena mematuhi Prokes merupakan bagian dari tanggungjawab moral kita sebagai warga negara untuk sadar dan ikut bertanggungjawab memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Bagi masyarakat yang tidak memakai masker atau prokes lainnya, juga diberikan sanksi sosial, fisik dan sebagainya. “Tindakan seperti yang sudah dilakukan sebelumnya,” kata dia.(saut/hm02)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: