22.8 C
Medan
Thursday, August 18, 2022
spot_img

Pengurus PABPDSI Dikukuhkan, Bupati Simalungun: Pengulu dan Maujana Harus Bersinergi

Simalungun, MISTAR.ID

Bupati Kabupaten Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga mengukuhkan dan melantik pengurus Persatuan Anggota Badan Permusyawaratan Desa Seluruh Indonesia (PABPDSI) Kabupaten Simalungun Periode 2021-2027, bertempat di Balei Harungguan Kantor Bupati, Rabu (18/8/21).

Dalam sambutan nya Bupati Simalungun mengatakan, bahwa diri nya menyambut baik atas terbentuk nya PABPDSI di Simalungun.

“Saya berharap kedepan, sesuai dengan fungsi maujana yakni melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemerintahan nagori, kiranya penggunaan dana di nagori, baik alokasi dana desa, atau alokasi dana nagori bisa tepat sasaran, demi mewujudkan pembangunan nagori yang lebih baik,” kata Bupati.

Baca Juga: PABPDSI se Sumut Tolak Draf RUU tentang Desa, Deklarator: Berpotensi Hilangkan Integritas dan Transparansi di Desa

Sebagai lembaga formal, maujana nagori mempunyai peran strategis dalam mendorong transparansi, akuntabelitas, demokratisasi dan kesejahteraan warga.

Untuk itu di harapakan setiap anggota Maujana nagori dapat meningkatkan kapasitas SDM dan inovasinya.

Radiapoh Hasiholan Sinaga juga meminta agar Maujana bisa menjalin komunikasi yang baik dengan kepala desa (pangulu).

Baca Juga: Pangulu Nagori Tangga Batu Bantah Tak Pernah Keluarkan Surat Kematian Atas Nama Suhendri

“Jalinlah komunikasi yang baik dengan pangulu dan perangkat nagori, sehingga tidak terjadi kesenjangan hubungan kerja di nagori” ucap Bupati.

“hindari konflik yang tidak perlu dan berikanlah contoh yang baik buat masyarakat, apalagi situasi Covid saat ini, mari kita terapkan aturan pemerintah dengan melaksankan protokol kesehatan, agar Simalungun kedepan lebih baik lagi,” tambah Bupati.

Disamping itu, Bupati juga mengharapkan kepada maujana nagori, untuk mendukung program pemerintah dalam melakukan pendataan peta bidang tanah di nagori masing-masing, agar masyarakat memperoleh sertifikat tanah.

Baca Juga: Usai Mendengar Pidato Kenegaraan, Bupati Simalungun Harapkan Peran Media

Hal itu juga untuk menghindari terjadinya permasalahan tanah di kemudian hari.

“Selamat kepada pengurus yang dilantik dan selamat bekerja, berikan pengabdian yang terbaik untuk masyarakat. Mari sama-sama kita bangun Simalungun dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,”ungkap Bupati.

Sementara itu, Ketua Umum PABPDSI Buyung Irawan Tanjung mengharapkan dengan di lantiknya pengurus PABPDSI Simalungun, dapat memberikan peningkatan kesejahteraan maujana di daerah Simalungun.

DPRD Simalungun Minta Pangulu yang Tak Bayar Pajak Dilaporkan

“Mari kita dorong pemerintahan desa untuk membangun desa agar lebih maju dan sejahtera,” ujarnya.

Kepengurusan PABPDSI Simalungun periode 2021-2027 terdiri dari Ketua, Buyung Sirawan Tanjung dibantu 9 wakil ketua, Sekretaris Sahrul Efendi SE dibantu 4 wakil Sekretaris, Bendahara Syahnan Rawi dibantu 2 wakil bendahara. Kepengurusan tersebut dilengkapi dengan biro organisasi dan kelembagaan, biro pemberdayaan perempuan, biro tata negara, kelembagaan dan regulasi desa, biro kerjasama lembaga, biro aspirasi rakyat desa dan kearifan lokal, biro inovasi dan desa digital, biro perencanaan pembangunan desa dan biro kajian desa daerah tertinggal.(roland/hm02)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: