30 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Pemko Medan Dinilai Tak Miliki Perencanaan Pembangunan Jalan

Medan | Mistar – Pergantian Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan ternyata tidak meningkatkan kinerja dinas ini dalam perbaikan infrastruktur baik jalan maupun drainase.
“Perbaikan jalan yang dilakukan saat ini tidak signifikan dan tidak berdasarkan skala prioritas,” sebut anggota DPRD Kota Medan dari Fraksi Hanura, PSI dan PPP (HPP),Hendra DS , Senin (14/10/19) menanggapi banyaknya jalan rusak yang belum mendapatkan perbaikan.
Pergantian di jajaran PU Kota Medan, sebut Hendra, dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja. “Ternyata, sekarang lebih parah. Bahkan, saya mendengar proyek disana seperti drainase dan lainnya masih dimonopoli oleh oknum tertentu dan seperti dilegalkan oleh pihak tertentu,” sebutnya.
Terkait banyaknya galian setelah jalan diaspal, Hendra, menyebutkan hal itu terjadi akibat kurang adanya koordinasi antara Pemko dengan instansi terkait, seperti PLN, PDAM dan lainnya.
“Harusnya ada MoU terkait hal itu. Itu akan kita dorong agar Medan jangan “kupak-kapik” akibat pemasangan instalasi lain. Banyak instansi yang tidak menutup hasil galiannya setelah selesai pengerjaannya,” ungkapnya.

Skala Prioritas
Hal senada disampaikan Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Kota Medan, Diko Edy Suranta Meliala. Menurutnya pembangunan infrastruktur jalan di Kota Medan seperti tidak berdasarkan skala prioritas. Sebab, masih banyak jalan yang rusak parah namun belum mendapatkan pengaspalan.
“Harusnya, Pemko Medan memiliki perencanaan yang matang terkait pembangunan jalan,” kata Diko Meliala.
Saat ini, kata Diko, banyak pengaspalan jalan yang tidak selesai. Contohnya, sebut Diko, di Jalan Pintu Air IV menuju Kebun Binatang Medan (KBM) yang kerusakannya sepanjang 3 Km.
“Tapi, hanya 1,5 Km yang diaspal, sementara sisanya 1,5 Km tidak diaspal,” katanya.
Padahal, sambung Diko, jalan tersebut merupakan akses menuju objek wisata kebanggan Medan. “Bagaimana Pemko Medan bisa mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor ini, kalau infrastruktur kesana rusak parah,” sebutnya.
Selain itu, tambah Diko, di Pasar V Padang Bulan Medan, tepatnya di depan Carefour, jalan sangat sempit dan rusak parah.

Penulis : Adi Wasgo

Editor : Jannes Silaban

Related Articles

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

Demokrat Simalungun Serahkan PO Terbaru ke KPUD, Johanes: 2024 Target 13...

Simalungun, MISTAR.ID Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat Kabupaten Simalungun menyerahkan Peraturan Organiasi (PO) ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Simalungun, Selasa (4/10/22) sore. Penyerahan PO langsung...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: