9.4 C
New York
Friday, March 29, 2024

Pemda Paling Banyak Dilapor, Ombudsman Perkuat Sinergi Dengan Inspektorat

Medan, MISTAR.ID

Setiap tahun pemerintah daerah (Pemda) merupakan kelompok instansi yang paling banyak dilaporkan ke Ombudsman. Tahun 2020 misalnya, dari 214 laporan yang ditangani Ombudsman Sumut, 44,8 persen merupakan laporan terkait pemerintah daerah. Disusul Kelompok instansi lain dengan 14,8 persen laporan.

Atas dasar data dan fakta laporan inilah, Ombudsman melihat pentingnya sinergi dengan Inspektorat untuk ditingkatkan. Hal ini terungkap dari pertemuan tim Ombudsman RI Perwakilan Sumut dengan Inspektorat Pemprov Sumut di Kantor Inspektorat Pemprov Sumut, Selasa (19/1/21).

Dalam pertemuan itu, tim Ombudsman dipimpin Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar didampingi Kepala Keasistenan Pencegahan Edward Silaban, Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan (PL) James Marihot Panggabean, Florencia Sipayung, Ricky Nelson Hutahaean dan Dody Permana.

Baca Juga:Menyerap Aduan Masyarakat, Ombudsman Bangun Program Perluas Jaringan

Sedang Inspektorat Pemprov Sumut dipimpin Inspektur Pembantu (Irban)-II Yilpipa Munandar, auditor Hafidz dan Dedi Sutendi serta Reiza Amien Nasution.

Abyadi menjelaskan, sebetulnya, sinergi Ombudsman RI Perwakilan Sumut dengan Inspektorat Pemprov Sumut selama ini sudah terbangun baik. Ini terlihat dari penanganan dan penyelesaian laporan pengaduan masyarakat yang disampaikan ke Ombudsman.

Ada beberapa laporan masyarakat yang ditangani Ombudsman, bisa diselesaikan setelah proses penanganannya dikoordinasikan dengan Inspektorat Pemprov Sumut. “Seperti laporan masyarakat yang pernah ditangani Ombudsman di Labuhanbatu, Asahan maupun di lingkungan Pemprov Sumut sendiri,” kata Abyadi.

Baca Juga:Peluang Kecurangan, Ombudsman Minta Penggunaan SKD Dalam PPDB Zonasi Di Hapus

Karena itu, untuk percepatan penanganan dan penyelesaian laporan masyarakat, maka peningkatan sinergi Ombudsman dengan Inspektorat sangat penting. Bahkan, sejak pertengahan tahun 2020 lalu, Ombudsman Sumut sudah menguatkan kerjasama dengan Inspektorat seluruh Pemkab dan Pemko di Sumut.

“Saat ini, Ombudsman Sumut dan teman-teman Inspektorat sudah membentuk focal point. Ini adalah semacam kontak person Ombudsman di lingkungan pemerintah daerah yang tujuannya untuk mempermudah penanganan dan penyelesaian laporan masyarakat,” jelas Abyadi Siregar. (iskandar/hm12)

Related Articles

Latest Articles