31.7 C
Medan
Monday, July 4, 2022
spot_img

Pelaku Bom Bunuh Diri Pura-Pura jadi Warga yang Hendak Mengurus SKCK

Medan | MISTAR.ID – Rabbial Muslim Nasution, meledakkan dirinya di Mapolrestabes Medan, Rabu pagi (13/11). Untuk memuluskan aksinya, pelaku berpura-pura menjadi warga yang hendak mengurus SKCK.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja mengatakan, pelaku berpura-pura menjadi warga yang hendak membuat SKCK untuk masuk ke halaman Polrestabes. Dia sudah terlihat mondar-mandir di depan gerbang Polrestabes sejak pagi. Oleh petugas, dia ditanya hendak kemana.

“Dia bilang mau urus SKCK untuk tes CPNS,” kata Tatan.

Sekira pukul 08.30 WIB, kata Tatan, petugas melakukan serah terima setelah apel pagi. Gerbang Mapolrestabes Medan pun akhirnya di buka.

Saat itu masyarakat berbondong-bondong masuk. Terduga pelaku kembali ditegur. Diminta membuka jaket ojek online yang dipakainya. Namun dia cepat membaur dengan warga menuju pusat layanan SKCK di Polrestabes.

Bahkan saat itu petugas juga menegr terduga pelaku yang memakai penutup muka (sebo). Begitu terduga pelaku masuk, dia mengambil arah berbeda dengan warga yang mengurus SKCK.

“Dia ambil arah berbeda menuju Propam. Langsung meledak di depan kantin,” pungkas Tatan.

Akibat kejadian ini, enam orang jadi korban. Empat diantaranya anggota polisi, satu lainnya pekerja harian lepas di Polrestabes. Satu lagi warga sipil.

Terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan, dari hasil sidik jari yang ditemukan tim Indonesia Automatic Fingerprint Identification System, pelaku bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan bernama Rabbial alias Dede.

Dugaan sementara pelaku adalah lone wolf. Pengembangan nanti akan sangat ditentukan oleh tim di lapangan. Hasil olah TKP masih didalami Labfor dan Densus 88,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Reporter: Daniel Pekuali
Editor: Luhut Simanjuntak

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: