22.9 C
Medan
Thursday, August 18, 2022
spot_img

Patung Jamin Ginting Diresmikan di Titik KM Nol Jalan Jamin Ginting Medan

Medan, MISTAR.ID

Akhirnya patung Letjen Jamin Ginting, seorang pahlawan nasional Republik Indonesia (RI) dari Tanah Karo diresmikan di Titik KM Nol Jalan Jamin Ginting, Kota Medan, Selasa (28/6/22).

Patung ini sebenarnya sudah selesai dari 6 tahun lalu dan hanya disimpan di Kota Bandung oleh keturunan Letjen Jamin Ginting.

Hari ini, patung tersebut diresmikan oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi diwakili Staf Ahli Gubernur Sumut Binsar Situmorang, Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution, Bupati Tanah Karo Corry Sebayang, juga anak-anak dan cucu dari Letjen Jamin Ginting.

Baca Juga:Pasca Kerusuhan, Garda Nasional Berjaga Di Capitol Hill AS 24 Jam

Salah seorang putri dari Letjen Jamin Ginting, Riahna Ginting mengungkapkan rasa bahagia dan bangganya akan diresmikannya patung ayahnya.

“Suatu kebanggaan bagi kami dengan adanya patung ini, karena memang susah payah mencari lokasi untuk patung ini. Jadi kami sangat berterimakasih khususnya kepada Wali Kota Medan karena telah mengizinkan berdirinya patung tersebut di Kilometer Nol Jamin Ginting, Kota Medan hingga Tanah Karo ini,” kata Riahna pada wartawan.

Ia menceritakan rencana patung ini karena terinspirasi melihat patung Jenderal Sudirman di Jakarta. Kala itu Ia mengatakan keinginannya kepada sang ibu yaitu Ny Likas Tarigan.

“Saya bilang ke ibu waktu itu masih hidup agar membuat patung di Jalan Jamin Ginting. Tetapi Jalan Jamin Ginting tidak ada trotoarnya, jadi tidak bisa kesampaian. Namun tiba-tiba lokasi tempat dibangun sekarang kosong, jadi saya bilang untuk meletakkan patungnya di sana dan dibangun,” terangnya.

Melihat lokasi dan lahan yang kosong, Riahna pun meminta izin kepada pemerintah setempat lalu kepada Wali Kota Medan dan diizinkan tanpa hambatan.

Baca Juga:Selain Serahkan Patung IL Nommensen, Gubsu Ungkap Hal Ini di UHN Siantar

Riahna mengatakan, proses perizinan hingga pembangunan patung Letjen Jamin Ginting dimulai pada Oktober 2021 dan selesai serta diresmikan dalam tempo waktu enam bulan.

Wali Kota Medan Bobby Nasution menuturkan kembali bagaimana perjuangan anak Letjen Jamin Ginting untuk bisa menempatkan patung ayahnya.

“Kita sudah dengar perjuangan pahlawan kita ini. Bagaimana perjalanan dan kiprah pahlawan kita Jamin Ginting ini bisa dijadikan pedoman bagi kita semua utuk menjadi penyemangat. Kami di Kota Medan akan menjaga, baik itu dari segi fisik maupun kisahnya. Dengan melestarikannya melalui cerita perjalanannya,” terang Bobby.

Sebelumnya, Staf Ahli Gubernur Sumut Binsar Situmorang menyampaikan sambutan dari Gubernur Sumut dengan membacakan sekilas sejarah dari perjalanan karir Letjen Jamin Ginting. Mulai dari masa pergerakan hingga masa perjuangannya di negeri, khususnya Sumatera Utara.

Baca Juga:Polisi Myanmar Membelot, Gelar Demo Anti-Kudeta Militer

“Di hadapan saudara-saudara telah berdiri patung Letjen Jamin Ginting. Kita mengharapkan dengan melihat patung ini tidak hanya mengenang, tapi memecut diri kita untuk meneruskan semangat beliau berjuang bagi negeri ini. Kita mengenang jasa-jasa dan sejarah Letjen Jamin Ginting. Kita selalu mengingatnya dengan patung yang sudah berdiri untuk dikenang oleh anak cucu kita nanti,” pungkasnya. (anita/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: