28 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

Pantai Bebas Parapat Akan Direvitalisasi Jadi Super Mewah

Simalungun, MISTAR.ID – Setelah tiga tahun (sejak Januari 2017) berkantor di Pantai Bebas Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon (Girsib), akhir Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Simalungun kembali dipindahkan ke kompleks perkantoran Bupati di Pematang Raya.

Perpindahan Kantor Dinas Pariwisata Simalungun itu dimulai Rabu (8/1/20) menemapati eks Kantor Dinas Pendidikan dan Pengajaran yang sebelumnya sudah dipindahkan.

Memastikan hal tersebut awak media meminta keterangan melalui telepon selular Sektretaris Dinas Pariwisata Simalungun Ir.Anson Napitupulu membenarkan perpindahan itu.

“Ini instruksi dari Bupati, kita akan pindah ke Pematang Raya menempati bekas Kantor Dikjar, tujuannya untuk menggabungkan semua SKPD di satu wilayah,” kata Sekretaris Dinas Pariwisata Simalungun, Ir.anson Napitupulu melalui sambuntan telepon, Rabu (8/1/20).

Dinas Pariwisata dipintahkan, imbuh Anson, karena di Pantai Bebas Parapat atau eks lokasi kantor pariwisata itu akan dibangun fasilitas umum pariwisata terpadu.

Lokasi itu akan dijadikan salah satu lokasi fisik pembangunan pariwisata Danau Toba yang telah diprogramkan dari pusat.

“Tahun ini akan ada pembangunan di Pantai Bebas Parapat. Lokasi kantor kita masuk bagian di areal itu, makanya kita dari pemerintah Kabupaten Simalungun sangat mendukung rencana tersebut,” kata dia.

Revitalisasi yang akan dilakukan di Pantai Bebas tersebut adalah bidang aksesibilitas dan penataan Danau Toba yang difokuskan di tiga lokasi, yakni, Pantai Bebas Parapat (Simalungun), Pelabuhan Ajibata (Tobasa), dan Tomok (Samosir), masuk ke dalam kawasan yang akan ditata secepatnya.

Untuk program di Parapat, akan dilakukan penataan pedestrian atau pejalan kaki, tempat santai, fasilitas toilet ramah lingkungan, penghijauan dengan pohon besar yang rindang dari Pantai Bebas menuju Pantai Pesanggrahan Bung Karno.(hm02)

Penulis : Karmel Sitanggang

Editor : Herman Maris

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: