30.6 C
Medan
Sunday, July 3, 2022
spot_img

Ma’ruf Amin Ingatkan Pemda Antisipasi Gelombang Covid Ketiga

Medan, MISTAR.ID

Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma’ruf Amin mengingatkan pada pemerintah daerah tentang penanganan Covid-19 dan capaian vaksinasi supaya dipercepat.

Hal ini diungkapkan, Ma’ruf pada rapat yang membahas pemberdayaan ekonomi dan masyarakat dan pelayan publik di Ruang Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Rabu (17/11/21).

Meski kasus saat ini tengah turun, namun ini menjadi tantangan ke depan agar tetap antisipasi gelombang Covid-19 ke tiga.

Baca juga:Gawat! Ratusan Massa Serang Satgas Covid Sumut di Lokasi Judi

“Apalagi varian baru sekarang telah melanda Eropa bahkan sudah sampai ke negara Malaysia dan Singapura. Sumut ini tetangga Malaysia dan Singapura maka harus kita antisipasi. Maka perlu kita wapsadai penurunan level ini apalagi mobilisasi masyarakat tinggi maka harus ditekankan protokol kesehatan,” ungkapnya.

Bahkan Ia mengingatkan selain penerapan protokol kesehatan, penerapan PeduliLindungi di tempat umum seperti tempat pusat perbelanjaan, pasar, rekreasi, dan tempat-tempat ibadah.

“Juga di lingkungan sekolah yang mulai kita lakukan penerapan PeduliLindungi agar tidak ada klaster baru,” imbuhnya.

Ma’aruf juga menyinggung masalah bencana alam berupa banjir dan longsor yang belakangan ini terjadi. “Saya minta pemerintah daerah menyikapi untuk penanggulangan dan memitigasi kemungkinan terjadinya bencana ini. Jadi kita sudah harus antisipasi karena setiap tahun kita alami bencana terutama di Sumatera Utara,” pesannya.

Baca juga:Dinkes Sumut Sosialisasi Vaksin Covid-19 Untuk Anak 6-11 Tahun

Bahkan, sambungnya BMGK juga sudah meramalkan bahwa curah hujan lebih awal datang dan lebih besar. “Jadi ini harus menjadi evaluasi kita bersama terkait bajir. Kita meminta pemerintah daerah supaya tingkat bahayanya itu atau bencana itu tidak terlalu besar. Maka yang kita harapkan itu bagaimana memperkecil dampak bencana pada masyarakat. Misalnya masyarakat cepat mengungsi atau harus siap bila rumahnya seperti apa agar tidak kebajiran atau mereka akan dipindahkan di daerah tinggi. Sehingga tidak ada korban jiwa,” terangnya.

Ma’ruf juga telah meminta pada menteri sosial agar sedini mungkin mengantisipasi daerah terkena banjir juga agar manganggarkan dana penanggulanagan bencana. (anita/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: