30 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

Komisi IX DPR RI Awasi Kesiapan Kesehatan Calon Jemaah Haji Sumut

Medan, MISTAR.ID

Komisi IX DPR RI akan terus mengawasi pelaksanaan haji terutama menyoroti tentang kesehatan jemaah calon haji di Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Ansory Siregar yang menjadi pemimpin rombongan kunjungan kerja spesifik ke Embarkasi Haji Medan, Provinsi Sumut di Asrama Haji, Rabu (25/5/22).

“Karena Komisi IX DPR RI telah menganggarkan dana haji sekitar Rp400 miliar untuk tahun 2022 ini. Inilah makanya kami datang ke sini. Jadi ingin kita lihat dan awasi di sini seperti apa pelaksanaannya,” katanya pada wartawan.

Baca Juga: 3.777 Calon Jemaah Haji Kloter I Asal Sumut Terbang ke Arab Saudi pada 11 Juni 2022

Ditambahkannya, seperti apa yang disyaratkan oleh Arab Saudi batas usia jemaah yang berangkat haji tahun ini berusia 65 tahun sekaligus sudah vaksin dosis 2.

“Dimasa Covid-19 tadi kita dengarkan bersama bahwa untuk pelaksanaan PCR akan dilakukan di kabupaten/kota yakni di pemerintah daerah masing-masing. Sehingga jemaah yang di Asrama Haji ini tinggal sehari atau dua hari saja jadi tidak lama sehingga tidak perlu lagi dilakukan PCR di Asrama Haji,” terangnya.

Apalagi saat ini syarat yang diberikan oleh Arab Saudi masa berlaku PCR selama 72 jam. Sehingga menurut Ansory masih bisa pertukaran kloter 1 ke kloter 2.

“Nah, tadi kami dapat informasi bahwa untuk vaksin dosis dua pada jemaah masih 75% dan vaksin maningitis ini baru 55% . Jadi nanti akan kita awasi lagi ini dan kita akan terus berkoordinasi mengenai ini. Intinya yang penting kedua vaksin ini harus 100%,” pungkasnya.(anita/hm02)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: