9.1 C
New York
Saturday, April 20, 2024

Kembangkan Angkutan Massal BRT di Mebidang, Kemenhub Kucurkan Rp1,8 T

Medan, MISTAR.ID

Sebagai salah satu upaya mengurai kemacetan, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan mengembangkan angkutan massal berbasis jalan/Bus Rapid Transit (BRT) di Medan, Binjai dan Deli Serdang (Mebidang) dengan mengucurkan anggaran sebesar Rp1,8 triliun.

Hal ini terungkap ketika Wali Kota Medan Bobby Nasution melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan Pengembangan Angkutan Massal Berbasis Jalan/BRT di kawasan perkotaan Medan, Binjai dan Deli Serdang di aula rumah dinas Gubsu, Jalan Sudirman, Rabu (12/1/22).

Selain Bobby, penandatanganan juga dilakukan Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wali Kota Binjai Amir Hamzah dan Wakil Bupati Deli Serdang M Ali Yusuf Siregar.

Dalam pertemuan tersebut, Budi Setyadi menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Provinsi Sumut, Pemko Medan, Pemko Binjai dan Pemkab Deli Serdang, karena sangat antusias untuk menjadikan angkutan massal sebagai angkutan masa depan.

Baca Juga:Medan Pilot Project Program Penataan Transportasi Perkotaan

“Kami melihat secara strategis bagaimana semangat dan komitmen pemerintah daerah yang sangat luar biasa, sehingga kami memutuskan salah satunya memilih Kota Medan dengan anggaran sebesar Rp1,8 triliun,” kata Budi Setyadi.

Dijelaskan Budi, jalur BRT nantinya akan disediakan khusus, sehingga masyarakat bisa cepat sampai ke tempat tujuan. Sebab, beberapa kota besar di Indonesia mengalami hambatan sehingga berdampak kepada kemacetan.

Oleh karenanya, pembangunan BRT sebagai angkutan massal yang rencananya akan melayani 19 koridor ini diharapkan dapat merubah mindset masyarakat yang selama ini menggunakan kendaraan pribadi untuk beralih ke angkutan umum sehingga kemacetan dapat teratasi.

“Semua itu tergantung pemerintah daerah dalam menyiapkan strategi agar masyarakat dapat beralih menggunakan transportasi massal tersebut. Misalnya dari manajemen waktu yang lebih cepat, pembatasan kendaraan pribadi di jam-jam tertentu dan sebagainya. Jika pembatasan jam atau aturan genap dan ganjil diberlakukan, mau tidak mau masyarakat akan beralih menggunakan angkutan massal,” ungkapnya.

Baca Juga:Medan Dapat Bantuan Bus Rapid Transit dari Bank Dunia

Usai penandatanganan nota kesepakatan tersebut, Bobby Nasution menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas terpilihnya Kota Medan dalam program Kemenhub yang bertujuan untuk mengatasi kemacetan tersebut. Apalagi pengembangan angkutan massal itu akan diselaraskan dengan program Pemko Medan.

“Pembangunan ini dilakukan untuk mengatasi persoalan kemacetan yang ada di Medan,” papar Bobby.

Guna mendukung pengembangan angkutan massal tersebut, Bobby mengajak seluruh masyarakat Medan agar beralih menggunakan transportasi massal yang disediakan pemerintah daripada menggunakan angkutan pribadi.

Dijelaskan Bobby, penduduk Kota Medan kalau siang hari lebih banyak daripada malam hari, karena banyak yang dari luar Kota Medan bekerja di Medan.

Baca Juga:Jalur Layang Kereta Api Lintas Medan-Binjai Akan Dibangun

“Tentu kondisi itu menjadi penyebab kemacetan. Dan saya ingin mengajak seluruh masyarakat untuk menjadikan angkutan massal sebagai pilihan utama, sehingga kemacetan yang terjadi di Medan dapat berkurang,” imbaunya.

Sementara itu Kadis Perhubungan Medan Iswar Lubis menyebutkan, penyebab kemacetan terjadi akibat populasi setiap tahunnya naik 4,1 persen. Kemudian masyarakat masih masif menggunakan kendaraan pribadi, serta jumlah angkutan kota (angkot) yang beroperasi saat ini sebanyak 6.500 unit dengan 184 rute meski tidak semua aktif.

“Pengembangan angkutan massal (BRT) diprediksi dapat mengurangi emisi CO2 sebesar 29.240 ton pada tahun 2024, menurunkan angka kecelakaan sampai 6 persen, mengurangi waktu perjalanan per rute sekitar sebesar 29 persen, menciptakan lapangan kerja sebanyak 1.870-2.178 orang untuk crew BRT, serta mampu mengangkut penumpang sebanyak 14.323-153.277 orang per hari,” jelas Iswar.

Dijelaskan Iswar, adapun proyek BRT Medan yakni koridor sepanjang 21 km jalur khusus, halte jalur khusus sebanyak 33 halte (on corridor), halte direct service, rute sebanyak 19 rute layanan langsung dengan jangkauan Medan, Binjai dan Deli Serdang  (Mebidang).

“Jumlah bus yang akan dioperasikan nantinya sebanyak 440 unit bus dengan target 153.000 penumpang per hari. Angkutan massal ini direncanakan mulai beroperasi 2023,” jelas Iswar. (rahmad/hm14)

Related Articles

Latest Articles