24 C
Medan
Sunday, June 26, 2022
spot_img

Jarak Tempuh Diyakini Ganggu Recovery Atlet Sumut Pada PON Papua

Medan, MISTAR.ID

Selain pandemi Covid-19, kendala lain yang dihadapi menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX adalah jauhnya jarak tempuh ke Papua. Atlet Sumut diperkirakan akan lelah menempuh perjalanan sejak dari rumah, menuju Bandara Kualanamu dan melakukan transit di Jakarta, sebelum bertolak ke Papua.

“Atlet akan lelah kalau tidak ada extra flight kesana,” ujar Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumut John Ismadi Lubis, Senin (14/6/21).

John menghitung, perjalanan atlet dari rumah ke Bandara Kualanamu itu kira-kira membutuhkan waktu tiga jam. Kemudian, terbang ke Jakarta butuh waktu dua jam, lalu transit paling tidak memakan waktu enam jam.

“Kemudian empat sampai lima jam terbang dari Jakarta ke Papua. Belum lagi perjalanan dari Bandara Papua ke camp bisa memakan waktu satu jam. Jadi hitung-hitungannya itu butuh waktu 20 jam kesana. Recovery atlet terganggu,” ungkapnya.

Baca Juga:Pandemi Covid-19 Hambat Persiapan PON XX Papua

Belum lagi, kata John, saat atlet tiba disana harus melakukan registrasi terlebih dahulu. Sementara, kata dia, official diizinkan masuk ke camp pada H minus dua pertandingan.

“Kita meyakini kondisi para atlet belum sempurna. Lalu makanan disana bagaimana, yang menyiapkan itu Papua. Jadi sangat kompleks masalahnya. Pada PON sebelumnya saja ada keterlambatan makanan atlet,” sebutnya.

Kondisi lainnya yang juga diyakini menjadi permasalahan yakni topografi Papua yang banyak hutan. Sementara, kalau anggaran sejauh ini masih aman, sesuai dengan kemampuan pemerintah kepada KONI Sumut.

Baca Juga:Satu Pemain PSMS Ditarik Perkuat Tim untuk PON Papua

“Yang belum itu bonus, yang masih akan kita bicarakan kepada Pemerintah Provinsi Sumut,” ungkapnya. Meski begitu, John berkeyakinan, perolehan medali Sumut akan lebih baik dari PON sebelumnya di Jabar.

Bahkan, kata dia, target Pengprov malah jauh lebih tinggi. “Tapi kita realistis lah. Apalagi katanya tidak ada penonton saat cabang-cabang olahraga berlangsung,” pungkasnya.

Diketahui, sebanyak 197 atlet Sumut akan bersaing di PON XX Papua yang akan dihelat pada 2-15 Oktober mendatang. Sejumlah cabang olahraga beladiri seperti wushu, tinju dan karate diproyeksi akan mendulang medali, di samping volly dan sepakbola.(ial/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: