25 C
Medan
Tuesday, September 28, 2021
spot_img

Hipakad Sumut Tuntaskan Vaksinasi Covid-19 di Sekolah Pencawan

Medan, MISTAR.ID

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Himpunan Putra-putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) Sumatera Utara (Sumut) beserta jajaran mengaku telah menuntaskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 tahap kedua untuk kalangan pelajar di Sekolah Pencawan, Medan, Senin (13/9/21).

Bekerjasama dengan Yayasan Pendidikan Nasional Masty Pencawan (YPNMP), DPD Hipakad Sumut telah memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk kalangan pelajar di Sekolah Pencawan.

“Lebih dari 1.000 dosis vaksin tahap kedua disuntikkan ke siswa dan guru hari ini,” ujar Ketua DPD Hipakad Sumut Tajuddin Hasan.

Baca Juga:Pelaksanaan Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Medan Capai Target

Tajudin menyebutkan, vaksin tahap kedua ini diberikan setelah pada 16 Agustus 2021 lalu para siswa dan guru mendapatkan dosis tahap pertama. Tercatat lebih dari 800 siswa telah mendapatkan dosis kedua dan selebihnya adalah dari kalangan guru dan staf pendidikan.
Vaksinasi sendiri berjalan lancar dan dengan waktu yang lebih cepat dari sebelumnya. Pada tahap pertama, vaksinasi dilaksanakan hingga pukul 16.30 WIB, tetapi tahap kedua ini seluruh peserta sudah siap divaksin pada sekitar pukul 14.30 WIB.

Kelancaran vaksinasi ini, menurut Tajuddin, adalah berkat kerjasama yang semakin apik dari sejumlah pihak yang terlibat. Antara lain para pengurus Hipakad, personel Kodim 0201 BS Medan, panitia lokal yang terdiri dari guru Sekolah Pencawan dan Yayasan, serta tim nakes di bawah komando Waka Rumkit Putri Hijau Letkol Ckm (K) dr Suvi Novida.

Para peserta vaksin kedua adalah mereka yang sebelumnya mendapatkan dosis pertama, juga di Sekolah Pencawan. Adapun peserta yang mengikuti vaksinasi berasal dari Sekolah Pencawan dan sekolah-sekolah lain di sekitarnya.

Dia menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari program Hipakad Peduli yang secara nasional dilaksanakan oleh DPP Hipakad. Bertajuk ‘Serbuan Vaksin Covid-19’, Hipakad memfasilitasi kegiatan vaksinasi di berbagai daerah di Indonesia, termasuk di Sekolah Pencawan yang berada di Jalan Bunga Ncole, Kelurahan Kemenangan Tani, Kecamatan Medan Tuntungan, Kota Medan.

Baca Juga:Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit Mulai Digelar di Medan

Selain di Sekolah Pencawan, Hipakad Sumut dan jajarannya memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi untuk kalangan pelajar lain dan mahasiswa di Kota Medan. Yakni para siswa Sekolah Santo Thomas dan mahasiswa Sekolah Tinggi Bahasa Asing (STBA), dengan total lebih dari 6.000 dosis.

Sekretaris Daerah DPD Hipakad Sumut Darmawan Purba menambahkan, vaksinasi tahap kedua masih berlanjut untuk siswa Santo Thomas dan mahasiswa STBA. Vaksinasi tahap kedua berikutnya masing-masing akan dilaksanakan di Sekolah Santo Thomas pada Selasa-Jumat (14-17 September) dan kampus STBA pada 18 September 2021.

Ketua YPNMP Sofiyan Perananta Pencawan mengatakan, Sekolah Pencawan sangat mengapresiasi dan bersyukur siswanya menjadi sasaran program vaksinasi yang difasilitasi Hipakad. “Saat ini jumlah guru dan tenaga pendidikan serta siswa di Sekolah Pencawan yang mendapatkan vaksin lengkap sudah mencapai lebih dari 90%,” pungkasnya. (ial/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
18,100FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: