31.7 C
Medan
Wednesday, August 10, 2022
spot_img

H-1 Idul Adha Pedagang di Medan Mengeluh Pembeli Sepi

Medan, MISTAR.ID

H-1 Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 yang jatuh pada tanggal 20 Juli 2021, pedagang pasar mengeluh pembeli sepi. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang ramai pembeli. Faktor sepinya pembeli ini juga lantaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Seperti yang diakui Irma salah satu pedagang di Pasar Simpang Limun Medan yang berada di Jalan Sisingamangaraja Medan. “Beda kalilah. Biasanya siang gini udah pulang kami tapi lihatlah masih banyak dagangan kami. Pembeli sepi lantaran PPKM Darurat ini,” keluhnya pada Mistar, Senin (19/7/21).

Dikatakan Irma, sehari menjelang Idul Adha 1442 H/2021, harga cabai tembus Rp40 ribu per Kg beberapa hari sebelumnya masih Rp26 ribu per Kg paling mahal juga Rp28 ribu per Kg.

“Hari ini cabai merah kita jual Rp40 ribu per Kg. Tomat juga Rp10 ribu per Kg kemarin masih Rp8 ribu per Kg. Sedangkan, bawang merah dan bawang putih masih normal Rp28 ribu per Kg. Satu lagi cabai rawit juga naik Rp50 ribu per Kg kemarin masih Rp45 ribu per Kg,” kata Irma.

Baca Juga:Dampak PPKM Darurat, Pedagang Jualan Kopi di Jalanan

Di lokasi yang sama, harga ayam potong tidak ada kenaikan masih dijual diharga Rp25 ribu per Kg. Sementara itu, di Pusat Pasar Medan Jalan MT Haryono dikatakan salah satu pedagang sayur, Sadrak Tamba menuturkan harga komoditas masih seperti biasa.

Hanya cabai merah bertahan mahal disusul harga beberapa bahan sayur ada naik berhubung persediaan sedang berkurang.

“Untuk harga cabai merah semalam dan hari ini bertahan Rp40 ribu per Kg. Kenaikan ini biasa terjadi di hari-hari besar seperti Idul Adha, Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru. Sedangkan harga cabai rawit dari juga naik dari Rp40 ribu per Kg jadi Rp44 ribu Kg,” terang Sadrak.

Baca Juga:Pedagang Pakaian Tutup Toko Hingga PPKM Darurat Berakhir

Kemudian, Sadrak mengutarakan harga komoditi bawang stabil seperti bawang merah biasa dijual Rp20 ribu per Kg untuk bawang lokal. Sedangkan, bawang merah Jawa dijual Rp30 ribu per Kg.

“Kalau harga bawang putih juga masih sama dijual Rp28 ribu per Kg. Tomat juga naik ini Rp8 ribu hingga Rp10 ribu per Kg,” sebutnya.

Sedangkan harga sayuran juga mengalami kenaikan, seperti harga kentang Rp10 ribu per Kg biasanya Rp8 ribu per Kg, brokoli dan bunga kol biasanya Rp10 ribu per Kg kini dijual Rp15 ribu per Kg. Timun biasanya paling mahal Rp6 ribu per Kg sudah beberapa hari ini Rp10 ribu per Kg.

“Karena harga sayur naik persediaan kami gak banyak. Ditambah pembeli juga turun hingga 50 persen, bahkan hari ini hanya sekitar 20 persen saja jumlah pembeli,” keluhnya.

Baca Juga:Omset Pedagang Pakaian di Pusat Pasar Mulai Meningkat 55 Persen

Masih di Pusat Pasar Medan, Regar salah satu pedagang daging ayam potong mengatakan, harga ayam potong dijual mulai dari Rp25 ribu per Kg. Harga daging ayam ini menurutnya¬†tidak ada kenaikan.¬†“Harga turun pembeli juga menurun. Kalau untuk stok aman ya. Pembeli saja yang sepi ini,” imbuhnya.

Sama halnya dengan pedagang daging segar yang mengatakan pembeli sepi di H-1 Idul Adha. Untuk harga yang dijual masih masa seperti beberapa hari lalu untuk harga daging lembu segar Rp130 ribu per Kg, dan daging kambing Rp85 ribu per Kg.

“Tetap sama harga daging, gak ada naik. Tapi pembeli sepi kali. Berbeda dengan tahun lalu sempat ramai sedikit, namun ini turun 50 persen permintaan. Kita berharap keadaan ini dapat normal kembali,” pungkas Faisal salah satu pedagang daging segar di Pusat Pasar Medan.(anita/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: