22.8 C
Medan
Saturday, May 28, 2022
spot_img

Gubernur Edy: Warga Terpapar Varian Delta Bertambah Satu, Tapi Sudah Sembuh

Medan, MISTAR.ID

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyebut satu orang pasien yang terpapar Covid-19 varian delta di Sumut dinyatakan sudah sembuh. Yang bersangkutan sempat dirawat di RS Bunda Thamrin Medan. Kini, penelusuran masih terus dilakukan terhadap kontak erat sang pasien.

Sebelumnya, varian delta ini sempat ditemukan dari 18 orang anak buah kapal (ABK) yang sandar di Belawan. Namun seluruh ABK itu sudah sembuh dan telah berlayar meninggalkan Sumut.

“Ada tambah satu orang yang sudah sembuh di RS Bunda Thamrin. Ini juga kita ikuti kita kejar testingnya kontak-kontak erat,” kata Edy menjawab wartawan di Aula Tengku Rizal Nurdin, usai rapat bersama Bupati/Wali Kota, Selasa (27/7/21).

Baca juga: Varian Delta Mengganas, Korsel Tembus Rekor dengan 1.784 Kasus Sehari

Edy mengatakan dengan ditemukannya varian delta ini menjadi perhatian serius. Pemprov Sumut bekerjasama dengan kedokteran USU terus memantau perkembangan varian delta ini khusus di Sumut.

“Jadi kami tidak mendiamkan tapi kami selama ini tidak mau mengekspos membuat orang stres. Tapi orang-orang kesehatan di lapangan yang bekerjasama dengan USU ini mengejar melakukan testing. Tapi yang perlu tahu sudah ada varian delta 18 orang plus 1 orang ini yang pernah ada di Sumut. Saya berharap ini tidak tersebar kepada orang lain, karena kecepatannya 7 sampai 8 kali dalam kecepatan penularan,” paparnya.

Baca juga: 900 Bed Tambahan Disiapkan Antisipasi Varian Delta di Sumut

Sejauh ini berdasarkan penelusuran belum didapati varian delta ini telah memapar yang lain. Namun, sampai saat ini, perkembangannya terus dimonitor.

“Sementara yang didapat oleh ahlinya itu tidak ada karena terisolasi dan orangnya itu sudah sembuh di satu bulan yang lalu. Mita berharap itu tidak ada. Tapi tenaga medis, tenaga ahli yang menangani terus menyusuri hal ini,” jelasnya. (Iskandar/hm06).

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: