23.9 C
Medan
Friday, September 30, 2022
spot_img

Grab Sumbang Rp 2,6 Triliun Ekonomi Medan

Medan, MISTAR.ID – Sumbangsih transportasi daring sejalan dengan program kontribusi sosial Grab For Good terhadap perekonomian di Kota Medan mencapai Rp 2,66 triliun pada 2018 berdasarkan hasil riset Tenggara Strategics dan lembaga survei ekonomi CSIS.

“Dari empat lini usaha Grab yang disurvei, GrabBike yang mendominasi dengan sumbangan Rp1,06 triliun dari total sumbangan terhadap perekonomian Kota Medan,” kata peneliti Stella Kusumawardhani dari Tenggara Strategics pada Diskusi Publik tentang Ekonomi Digital di Medan, Selasa (29/10/19).

Menurut dia, dari sampel 658 responden yang memberikan jawaban, GrabBike dinilai lebih mendominasi memberikan sumbangsih terhadap perekonomian di Kota Medan, kemudian menyusul GrabFood dengan nilai Rp1,03 triliun.
Pada posisi ketiga tercatat GrabCar dengan konstribusi Rp541 miliar dan terakhir Kudo sebesar Rp34 miliar.

Dengan fenomena itu, lanjut Stella, juga telah memberikan dampak positif bagi pendapatan para mitra GrabBike meningkat sebesar 72 persen dan GrabCar sebesar 86 persen di Medan setelah bermitra dengan Grab.
Selain meningkatkan pendapatan para mitra, Grab juga berkontribusi dalam penciptaan lapangan kerja. Tercatat, 31 persen mitra pengemudi GrabBike dan agen individual GrabKios, serta 29 persen mitra pengemudi GrabCar.
“Mereka tidak memiliki sumber penghasilan tetap sebelum bermitra dengan Grab,” katanya.

Sementara itu Public Affairs Communications & Social Impact Manager Grab Indonesia, Shally Pristine, mengatakan, Indonesia siap menjadi salah satu ekonomi terbesar di Asia.
Namun, pada kenyataannya tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk ikut tumbuh bersama Indonesia yang tengah tumbuh. “Jika sektor swasta secara aktif menciptakan program-program untuk komunitas lokal, maka teknologi dapat lebih dijangkau oleh lebih banyak orang, dan proses pembelajaran keterampilan-keterampilan baru dapat dengan segera mengubah kehidupan lebih banyak orang di Indonesia

Ia mengatakan, Grab ingin membangun sebuah platform yang inklusif dan ini menjadi salah satu bagian dari program Grab for Good.
“Ini telah menjadi komitmen kami untuk menciptakan dampak positif dan berkelanjutan di setiap negara tempat beroperasi,” pungkasnya.

Sumber : Antaranews

Editor : Jannes Silaban

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Irvanli Silalahi, Alumni SMAN 5 Pematang Siantar yang Raih Beasiswa Kuliah...

Pematang Siantar, MISTAR.ID Impian Irvanli Yosua Silalahi (18)  untuk bekerja di luar negeri makin jelas di depan mata. Pasalnya, alumni SMAN 5 Pematang Siantar ini...

Tergilas Tronton Usai Senggol Honda Supra di Batu Bara, Pengendara Vario...

Batu Bara, MISTAR.ID Bermaksud hendak mendahului sepeda motor  yang berada di depannya, pengendara bernama Erianto Girsang (36) beserta Honda Vario BK 2714 OAD yang ditungganginya...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: