24.1 C
Medan
Wednesday, August 10, 2022
spot_img

FIP UNIMED Tingkatkan Kualitas Karya Ilmiah Dosen Mahasiswa Melalui Aplikasi Mendeley

Medan, MISTAR.ID

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Medan (UNIMED) menggelar pelatihan dan pendampingan penggunaan Mendeley dalam Karya Ilmiah melalui daring, Sabtu (7/8/21).

Kegiatan menghadirkan dua narasumber yaitu Tessa Simahate, yang merupakan Kepala Perpustakaan Universitas Negeri Medan. Serta Artha Mahindra Diputera, yang merupakan salah satu dosen di Fakultas Ilmu Pendidikan.

Pendampingan penggunaan aplikasi Mendeley dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Nani Barorah Nasution. Dalam sambutannya, Nani menyampaikan agar seluruh dosen dan mahasiswa dapat meningkatkan sitasi dan publikasi karya ilmiahnya.

Baca juga: LPPMP UNIMED Gelar FGD Penguatan SPMI

“Peningkatan sitasi dan publikasi sudah tertuang dalam SOP penulisan skripsi, sehingga penggunaan aplikasi Mendeley diharapkan dapat mendukung dan mempermudah kebijakan tersebut,” ujarnya.

Kegiatan pendampingan diketuai oleh Mahfuzi Irwan, sebagai Ketua Pelaksana. Dalam laporannya, disampaikan bahwa jumlah peserta sebanyak 392 orang yang terdiri atas Guru Besar, Dosen dan mahasiswa tingkat akhir di lingkungan Fakultas Ilmu Pendidikan.

“Peserta dibagi dalam beberapa ruang, setiap ruang sudah disiapkan pendamping atau mentor dalam menggunakan Aplikasi Mendeley,” sebutnya.

Kegiatan diawali dengan pemaparan materi tentang cara mengakses repository dan jurnal berlangganan yang disampaikan oleh Tessa Simahate. Dalam pengantar materinya, beliau mengapresiasi kegiatan ini karena FIP menjadi yang pertama sekali memberikan kesempatan kepada UPT Perpustakaan UNIMED untuk memaparkan cara mengakses repository dan jurnal berlangganan.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang Mendeley secara umum yang disampaikan oleh Artha Mahindra. Setelah itu dosen dan mahasiswa masuk ke dalam room masing-masing didampingi oleh instruktur yang sudah disiapkan panitia yang berasal dari kalangan dosen FIP sendiri.

Baca juga: LPPM UNIMED Dampingi Guru Sekolah Binaan Kembangkan Bahan Ajar Digital

Kegiatan ditutup Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Prof Yusnadi, yang menyampaikan bahwa gagasan menyelenggarakan kegiatan ini sangat luar biasa, karena mampu memberikan dampak terhadap kemamuan untuk melakukan sitasi dalam penulisan tugas akhir atau karya ilmiah.

“Diharapkan seluruh peserta dapat terus mengasah kemampuan dan memberikan pendampingan lebih intensif kepada seluruh mahasiswa,” pungkasnya. (ial/hm06)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: