23.9 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Edy Rahmayadi Gelegarkan Malam Renungan Kemerdekaan dalam Puisi ‘Diponegoro’

Medan, MISTAR.ID

Malam renungan kemerdekaan terasa semakin menggelegar ketika sang Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi membaca puisi. Orang nomor satu yang biasanya berpidato itu, kali ini ia ikut membawakan suasana yang membangkitkan semangat perjuangan. Berlokasi di Gedung Juang ‘45, Jalan Pemuda, Medan, Selasa (16/8/22) malam Edy membacakan karya sastrawan legendaris nasional Chairil Anwar.

Diiringi alunan gitar akustik, puisi berjudul Diponegoro itu dibacakannya dengan khidmat. “Maju, serbu, serang, terjang,” ucap Edy Rahmayadi saat membacakan puisi pada kegiatan ‘Anak Cucu Pahlawan Baca Puisi Perjuangan, Malam Renungan Kemerdekaan ke-77 RI’ yang diselenggarakan DHD’45.

Edy mengapresiasi malam renungan yang diisi dengan kegiatan positif seperti pembacaan puisi tersebut. Pembacaan puisi perjuangan mengingatkan semangat juang para pendahulu dan merenungkan perjuangan untuk di masa kini.

Baca juga:Sambut HUT ke-15 Kabupaten Batu Bara, RIE Gelar Lomba Puisi

“Peran para pendahulu kita memperjuangkan bangsa telah selesai, sekarang peran kita mengisinya dengan memperjuangkan cita-cita bangsa kita ini yaitu kesejahteraan, ” kata Edy, usai acara.

Edy juga berjanji akan merenovasi Gedung Juang 45. Menurutnya gedung tersebut memiliki nilai yang sarat makna perjuangan dan perlu terus dijaga. “Tempat ini bagus, perlu dipertahankan hingga anak cucu kita ke depan, ada benda sejarah yang harus kita jaga, untuk masa depan anak-anak kita,” kata Edy.

Tidak hanya membacakan puisi, Edy juga menyanyikan Indonesia Pusaka. Ia bahkan mengajak Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting bernyanyi bersamanya dengan kompak. Nyanyiannya itu disambut para hadirin yang serentak menyanyikan lagu tersebut.

Ketua Umum Badan Kejuangan DHD 45 Sumut M Hasyim mengatakan, acara tersebut diselenggarakan untuk mengisi kegiatan sembari menunggu renungan suci. Secara bergantian para peserta membacakan puisinya, mulai dari anak-anak pejuang, Gubernur Sumut, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting, sastrawan dan lainnya.

Baca juga:Puisi: Pahlawanku Karya: Arasy

“Acara ini kami selenggarakan untuk mengisi kegiatan sewaktu menunggu renungan suci pada pukul 24:00 WIB nanti, malam seperti ini lebih baik diisi dengan kegiatan positif seperti ini,” kata Hasyim. (anita/hm06)

 

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

2 Penambang Emas di Madina Tewas Tertimbun Longsor

Madina, MISTAR.ID Warga Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tiba-tiba dikejutkan dengan meninggalnya dua orang warga yang tertimbun tanah longsor saat menggali lubang, di lahan eks PT...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: