12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Buah Keseriusan Pemko Medan, 10 Produk Unggulan UMKM Masuk Pasar Modern

Medan, MISTAR.ID

Pemberdayaan UMKM merupakan salah satu program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution. Komitmen dan perhatian serius pun diberikan kepada UMKM agar dapat berkembang dan naik kelas. Selain memberikan pendampingan, Pemko Medan juga membantu memasarkan produk unggulan UMKM, dengan target awal produk UMKM menembus dan masuk ke dalam pasar modern.

Kini komitmen Bobby Nasution sudah mencapai target. Berbagai produk unggulan UMKM Kota Medan telah menembus dan masuk ke dalam pasar modern. Produk-produk UMKM pun kompetitif terbukti mampu bersaing dengan produk lainnya yang ada di pasar modern.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan Benny Iskandar Nasution mengatakan, masuknya produk UMKM ke pasar modern merupakan komitmen Wali Kota Medan Bobby Nasution agar UMKM di Kota Medan dapat bangkit dan berkembang serta naik kelas. “Kita terus berupaya agar produk UMKM dapat menembus pasar modern, dan saat ini Produk UMKM telah berhasil masuk ke dalam pasar modern,” ucap Benny, Senin (19/9/22).

Baca Juga:Wali Kota Janji OPD akan Beli Produk Sepatu UMKM Medan Denai

Dijelaskan Benny, ada 10 jenis produk UMKM yang telah masuk ke dalam pasar modern. Produk UMKM ini berupa makanan ringan atau cemilan di antaranya keripik pisang balado, keripik pisang ori, keripik talas, rempeyek ikan teri, rempeyek kacang, tape ubi, sambel emping, rengginang, brownies dan sambal teri kacang (sartika).

“Produk UMKM ini sebelum masuk ke pasar modern telah kita bina dan beri pendampingan baik itu terkait dengan kualitas produknya sampai dengan packagingnya. Artinya, produk UMKM yang masuk ke pasar modern sesuai dengan standard dan siap bersaing dengan produk lainnya,” jelasnya.

Dikatakannya, produk UMKM ini telah masuk ke pasar modern sejak bulan November tahun 2021. Di awal masuknya, jumlah produk yang diletakkan di gerai pasar modern mencapai 939 kemasan produk dengan keuntungan awal mencapai 2 juta rupiah.

Baca Juga:Produk UMKM Medan Kini Ada di Indomaret Drive Thru

“Hampir di setiap bulannya produk UMKM yang dijual di pasar modern ini menghasilkan laba bersih sekitar Rp1 juta sampai Rp2 juta. Meskipun ada beberapa bulan laba bersih hanya mencapai ratusan ribu, namun di bulan-bulan berikutnya laba bersih kembali naik,” ungkapnya.

Dari kesepuluh jenis produk UMKM yang masuk ke pasar modern, kata Benny, produk berjeniskan keripik yang paling banyak diminati pembeli. Bahkan Total produk UMKM yang masuk ke pasar modern perbulannya bisa mencapai 1.000 kemasan. “Kita terus lakukan pembinaan dan dorong pelaku UMKM agar dapat masuk ke dalam pasar modern. Diharapkan produk yang telah ada di pasar modern dapat menjadi motivasi para pelaku UMKM lainnya untuk dapat menembus pasar modern,” katanya.

Menurut Benny, dengan masuknya produk UMKM ke pasar modern berarti komitmen pak Bobby Nasution dalam pemberdayaan UMKM telah terwujud. “Kita juga berharap dengan pemasaran yang lebih luas maka keuntungan para pelaku UMKM juga akan meningkat dan ekonomi keluarga juga semakin kuat dan stabil,” pungkasnya.(rahmad/hm15)

Related Articles

Latest Articles