25 C
Medan
Tuesday, August 9, 2022
spot_img

BPJamsostek Bayar Jaminan Kematian Rp400 Juta ke Ahli Waris

Medan, MISTAR.ID

Memperingati Hari Pelanggan Nasional (Harpelnas), BPJamsostek Cabang Tanjung Morawa menyerahkan secara simbolis santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Hari Tua (JHT) kepada dua ahli waris dari peserta BPJamsostek yang meninggal dunia.

“Setiap tahunnya, kami melakukan kegiatan Harpelnas dengan tema yang berbeda-beda. Tahun ini mengusung tema Peduli di Masa Pandemi dengan memberikan pelayanan berbentuk daring serta layanan secara virtual. Dalam peringatan Harpelnas, kami sekaligus membayarkan santunan pada dua orang ahli waris korban kecelakaan kerja dan jaminan hari tua dari PT Kedaung Group sebesar Rp454 juta. Selain itu, satu ahli waris yang anaknya masih bersekolah akan mendapatkan beasiswa hingga S1,” kata Kepala Kantor BPJamsostek Cabang Tanjung Morawa, Nurmansyah pada wartawan, Senin (7/9/20).

Diakui Nurmansyah, beasiswa yang diberikan tersebut agar keluarga yang ditinggalkan masih bisa mendapatkan pendidikan dalam perlindungan jaminan ketenagakerjaan.

Baca Juga: BPJamsostek Mulai Kumpulkan Rekening Peserta, Ini Kriteria Penerima

Dalam perayaan Harpelnas, pihaknya menggunakan atribut sebagai tenaga medis di rumah sakit. Para pegawai menggunakan pakaian rumah sakit yang bertema pelayanan kesehatan.

Deputi Direktur BPJamsostek Wilayah Sumbagut, Umardin Lubis yang turut hadir mengungkapkan, kegiatan penyerahan santunan ini merupakan tanggung jawab pihaknya untuk memproses santunan lebih cepat diberikan kepada ahli waris.

“Kami mengedepankan pelayanan dengan percepatan penyaluran klaim dan tidak hanya itu saja, tapi hak-hak lain milik peserta seperti kemudahan mendapatkan informasi, kemudahan untuk bukti kepesertaan apakah itu berupa sertifikat maupun  kartu diproses dengan cepat,” ungkapnya.

“Di masa pandemi ini kami terus meningkatkan pelayanan LAPAK ASIK yang memudahkan peserta dalam pelayanan tanpa kontak fisik. Jadi, peserta akan dilayani melalui via Whatsup dan telepon. Sistem antrian pun dilakukan secara online atau bisa langsung datang ke kantor dengan mengikuti protokol kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga: Resmi! Mulai Bulan ini Iuran Jaminan Sosial di BPJS Ketenagakerjaan Turun

Lebih lanjut, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Deli Serdang Binsar Sitanggang menambahkan, pihaknya sangat mengapresiasi penyerahan santunan ini dan diharapkan dapat bermanfaat kepada penerima.

“Jumlah santunan yang diperoleh ahli waris sangat besar, dan diharapkan dimanfaatkan dengan baik,” pungkasnya. (anita/hm11)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: