24 C
Medan
Sunday, June 26, 2022
spot_img

Antisipasi Gelombang 3 Covid-19, Bandara dan Pelabuhan Harus Dijaga Ketat

Medan, MISTAR.ID

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Medan mengingatkan penjagaan pintu masuk dari bandara dan pelabuhan, harus dijaga ketat guna mengindari masuknya penyebaran virus Covid-19 ke Indonesia.

Ketua IDI Cabang Medan dr Wijaya Juwarna menyatakan, gelombang baru penyebaran Covid-19 masih bisa saja kembali berlangsung apabila di pintu masuk negara, seperti pelabuhan dan bandara ada memiliki celah.

“Karena begitu pintu masuk negara ada celah, maka potensi gelombang Covid babak yang baru bisa saja muncul lagi,” ungkapnya kepada wartawan, Kamis (4/11/21).

Baca Juga:Dinkes Medan Akui Banyak Warga yang Tak Patuhi Prokes

Oleh karena itu, Wijaya menyebutkan, pintu masuk negara harus dijaga dengan baik. Artinya, kalau ada orang dan barang dari luar negeri datang ke Indonesia, harus dilakukan tindakan kekarantinaan yang ketat dan profesional.

Begitu juga, sambung Wijaya, warga Indonesia, harus dilarang berkunjung ke negara yang sedang terkena wabah. “Artinya, walaupun saat ini Indonesia cukup bernafas lega dengan penurunan kasus Covid-19 yang signifikan, tidak boleh sampai kecolongan lagi,” tegasnya.

Karena, Wijaya mengaku khawatir, jika gelombang Covid-19 babak baru muncul, maka tenaga kesehatan (Nakes) akan tergerus jumlahnya. Akibatnya, tentu sambung dia, pelayanan kesehatan bisa sampai terganggu.

Baca Juga:Capaian Vaksinasi di Medan 62 Persen, Bobby Nasution: Tetap Patuhi Prokes

“Mundur tidak, hanya saja jika tergerus jumlahnya, dikhawatirkan pelayanan kesehatan bisa saja kolaps,” tuturnya.

Untuk itu, Wijaya mengingatkan warga agar tetap memakai masker, hindari keramaian dan cuci tangan. Dia berharap, perilaku protokol kesehatan ini, bisa menjadi budaya.

“Wajib pakai masker jika keluar rumah. Hindari keramaian dan cuci tangan dengan sabun jadikan budaya. Selain itu jangan lupa berdoa semoga Allah SWT mengampuni dosa kita dan segera menjauhkan kita dari wabah dan musibah,” katanya.(saut/hm10)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: