30.6 C
Medan
Sunday, July 3, 2022
spot_img

Akhyar Jenguk Bocah Penderita Stunting

Medan, MISTAR.ID

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menjenguk Raja Triwardana, bocah malang penderita stunting di kediamannya Jl. Bajak II H Gg. Cengkeh, Kelurahan Harjosari II, Kecamatan Medan Amplas (Sabtu, 30/5/20).

Sebelumnya Camat Medan Amplas Edimulia Matondang bersama Tim Puskesmas Medan Amplas melakukan pemeriksaan kepada Raja dan keluarganya. Dari hasil pemeriksaan tersebut Raja yang sedang mengalami demam tinggi 39,8 derajat terpaksa harus dirujuk untuk dirawat di RS Pringadi Medan.

Sesuai dengan Protokol Kesehatan COVID-19, Raja dan Anggota Keluarga lainnya juga mendapatkan Rapid Test dan Alhamdulillah seluruhnya dinyatakan Negatif.

Kadis Kesehatan Kota Medan Dr Edwin Effendi yang turut mendampingi Akhyar ketika mengunjungi kediaman Raja menjelaskan, stunting secara nasional menjadi perhatian khusus.

“Penanganannya akan melibatkan lintas sektoral dan Dinas Kesehatan akan segera memulihkan gizi Raja dengan memberikan makanan tambahan dan terus melakukan pendampingan sehingga tercapai kesehatan yang mandiri,” Ujar Edwin

Putra dari Wagino (45) dan Hotnida (35) ini mengalami kesulitan biaya dalam pembayaran iuran BPJS Kesehatan sehingga Raja tidak mendapatkan perawatan untuk sakitnya. Dan atas kerjasama warga masyarakat,aparatur Kecamatan Medan Amplas Pdan Kelurahan serta Puskesmas Induk Medan Amplas akhirnya Tunggakan 4 tahun Iuran BPJS tersebut dapat dilunasi.

Akibat stunting yang dialaminya, pertumbuhan Raja pun terganggu. Dengan usianya yang menjelang 7 tahun, tinggi tubuh Alfred hanya 106 cm dan berat badannya hanya 9 kg.

Akyar mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian, kepedulian dan bantuan warga masyarakat dari segi moril dan materi kepada Raja dan keluarga. Ia juga berpesan agar kita semua tetap menerapkan hidup bersih dan sehat, dan warga masyarakat juga diminta agar tetap menggunakan masker, menjaga jarak aman, mencuci tangan pakai sabun agar kita temua terhindar dari menularkan dan tertular COVID-19. (Rel/hm06)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: