28 C
Medan
Wednesday, June 29, 2022
spot_img

Akademisi Apresiasi Kegigihan Wali Kota Medan Tekan Angka Kriminalitas

Medan, MISTAR.ID

Untuk menekan aksi kriminal yang marak terjadi sebelum Lebaran Idul Fitri kemarin, Wali Kota Medan Bobby Nasution kerap meminta pihak TNI-Polri untuk melakukan patroli rutin di Kota Medan.

Bahkan, orang nomor satu di Pemko Medan ini pun tak sungkan untuk ikut patroli bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Medan hingga pagi hari. Hasilnya, angka kriminalitas pun berhasil turun dengan signifikan dan masyarakat dapat beraktivitas dengan tenang.

Upaya yang dilakukan Bobby Nasution dalam melawan premanisme dan begal di Kota Medan mendapat dukungan dari Dekan Fakultas Hukum Universitas Medan Area (UMA) Dr M Citra Ramadhan SH MH.

Baca juga: Tekan Angka Kriminalitas, Pemko Medan Canangkan Program 20 Ribu CCTV

Menurut Citra, fenomena begal dan premanisme merupakan salah satu khazanah sosiologis pergulatan kehidupan yang terjadi di perkotaan akibat kerasnya hidup. Kondisi ini memaksa semua orang untuk menekuni bidang apapun demi memenuhi kebutuhan.

“Alasan klasik semua aksi kejahatan adalah desakan ekonomi. Saya sangat mendukung dan mengapresiasi langkah yang dilakukan Pak Wali dalam menekan aksi kriminal di Kota Medan,” ungkapnya, Kamis (19/5/22).

Citra menyebut, street crime sudah mengakar di Kota Medan, sehingga penanganannya harus berkesinambungan dan melibatkan seluruh masyarakat.

“Dengan adanya bantuan masyarakat, tentu pihak kepolisian merasa terbantu. Kita harapkan indeks kejahatan jalanan (street crime index) cenderung mengalami penurunan bahkan nihil demi menjaga ketertiban umum,” harapnya.

Baca juga: Anggota DPRD Medan: Penerangan Lampu Jalan Cegah Aksi Kriminalitas

Seperti diketahui, Bobby Nasution memanggil langsung Kapolrestabes Medan Kombes Valentino Alfa Tatareda ke rumah dinasnya guna mendengar keluhan para driver ojol yang takut beroperasi malam hari.

“Pemilik tempat makan mengeluhkan sepinya jalanan dan pembeli bukan karena pandemi Covid-19, melainkan maraknya aktivitas geng motor yang membuat masyarakat enggan keluar rumah. Begitupun dengan teman-teman ojek online yang mencari nafkah pada saat dini hari. Ini yang harus kita selesaikan,” tegas Bobby beberapa waktu lalu. (rahmad/hm09)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: