23.9 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

6.000 Warga Indonesia Berobat Jantung ke Malaysia Setiap Tahun

Medan, MISTAR.ID

Setiap tahun sebanyak 6.000 warga Indonesia melakukan pengobatan jantung ke Malaysia. Dari jumlah tersebut tercatat kurang lebih 1.000 warga yang berasal dari Kota Medan.

Hal ini dikatakan Country Manager Indonesia Rumah Sakit Institut Jantung Negara (RS IJN), Muhammad Hairi Hananiah yang didampingi Assistant Manager Corporate Communications RS IJN, Nor Suzilawati Idris kepada wartawan di sela-sela Malaysia Healthcare Expo 2022 yang berlangsung sejak 21-25 September, di Centre Point Medan, Kamis (22/9/22).

“Minat orang Indonesia untuk melakukan perawatan terutama ke RS IJN per tahun ada sekitar 6.000 orang. Rata-rata mereka melakukan medical cek up, ada juga rawat jalan dan rawat inap khusus jantung anak dan dewasa. Dari jumlah itu ada sekitar 1.000 warga Medan per tahun,” jelasnya.

Baca juga:Jadiaman, Penderita Pembengkakan Jantung Manfaatkan JKN-KIS untuk Berobat

Terlebih, pasca pandemi berat mulai mereda masyarakat Indonesia sudah kembali ramai melakukan pengobatan terutama melakukan operasi jantung baik untuk dewasa dan anak-anak.

“Pasca pandemi berat sudah dipermudah perjalan ke Malaysia, bisa datang seperti turis biasa. Terpenting sudah melakukan vaksin lengkap 2 kali kalau sudah booster juga lebih baik,” ujarnya.

Dijabarkannya, mengenai RS IJN sendiri sudah berdiri sejak 30 tahun lalu dan sudah dikenal masyarakat. Bahkan telah memiliki kerjasama dengan rumah sakit-rumah sakit di Indonesia.

“Dimana dokter Indonesia juga merekomendasi kalau ada kasus jantung yang komplikasi dan berat bisa ke IJN. Jadi, kalau kita di IJN juga sebetulnya perawatan dan biayanya murah bahkan untuk bahasa kita juga mudah dimengerti karena kita serumpun,” jelasnya.

Selam 30 tahun berdiri, IJN telah memperoleh capaian salah satunya menjadi rumah sakit yang pertama yang membawa dan memperkenalkan teknologi terdepan.

Tahun ini IJN menjadi yang pertama di Asia Tenggara yang melakukan prosedur elektrifisiologi yang sangat komplek menggunakan perangkat jantung Acutus.

Baca juga:RSUD di Sumut Naik Level, RS Haji Medan Jadi Rujukan Jantung, Stroke dan Kanker

“Kami yang menjadi pertama memperkenalkan perangkat balon revolusioner yang disebut Sistem Cryoablation Polarx. Contoh lainnya dulu Pacemaker itu menggunakan alat yang besar-besar kalau sekarang hanya sebiji kapsul saja,” terangnya.

Ditambahkannya, IJN juga memiliki akreditasi nasional yaitu Joint Commission International (JCI) dengan fasilitas 449 kamar tidur, 6 lab jantung intensif dan 8 ruang operasi serta 61 klinik konsultasi.

“Jadi memang kalau dilihat dari rumah sakit lain di Malaysia kami yang terbesar dan misi kami menjadi pusat perawatan jantung yang terunggul di Asia Pasific,” pungkasnya. (anita/hm06)

 

Related Articles

bon dan benn

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

2 Penambang Emas di Madina Tewas Tertimbun Longsor

Madina, MISTAR.ID Warga Kabupaten Mandailing Natal (Madina) tiba-tiba dikejutkan dengan meninggalnya dua orang warga yang tertimbun tanah longsor saat menggali lubang, di lahan eks PT...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: