23.9 C
Medan
Saturday, January 29, 2022
spot_img

10 Oktober, ODGJ di Medan Akan Divaksin

Medan, MISTAR.ID

Minggu (10/10/21) mendatang, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kota Medan akan mulai disuntik vaksin Covid-19. Hal ini dikatakan Wali Kota Medan Bobby Nasution, Kamis (7/10/21).

“Memang kita mengagendakan penyuntikan vaksin kepada ODGJ. Untuk jumlah ODGJ yang disuntik vaksin, kita masih akan koordinasikan lebih jauh dengan IDI (Ikatan Dokter Indonesia),” kata Bobby kepada wartawan.

Kegiatan vaksinasi terhadap ODGJ merupakan kerja sama antara Pemko Medan dengan Yayasan Rumah Sehat. Sama seperti halnya vaksinasi untuk para sopir angkutan umum di Kota Medan.

Baca Juga:Wali Kota Medan Bobby Nasution Sebut Stok Vaksin Lancar, Bakal Masuk Lagi Pfizer

“Saat ini capaian vaksinasi masyarakat Kota Medan sudah 48,64% dari target Pemko Medan sebesar 1.942.998 orang. Kalau rentan usia dipenuhi, target naik lagi bukan 1,9 juta, bahkan bisa naik sampai 2 jutaan orang,” bebernya.

Ketua Yayasan Rumah Sehat, Afif Abdillah, mengatakan pihaknya menyediakan sekitar 250 dosis vaksin khusus untuk ODGJ.

“Kalau hari ini untuk sopir angkutan umum 250 orang, tapi nanti yang ODGJ mungkin bisa sampai tiga hari, tidak bisa sembarangan memberikan vaksin ke ODGJ,” ungkapnya.

Baca Juga:Togu Simorangkir Bantu ODGJ dan Tuna Wisma di Rumah Langit Biru

Afif menambahkan, untuk mempermudah mencari ODGJ yang akan disuntik vaksin, pihaknya berkoordinasi dengan rumah sakit. Adapun kondisi ODGJ yang divaksin harus dalam keadaan baik atau tenang dan mendapat izin dari keluarganya.

“Kapasitas kita itu 250 dosis, nanti tergantung dari rumah sakit usulan seperti apa. Tentu harus ada izin keluarga dan ODGJ dimaksud harus tenang, baru bisa disuntik vaksin,” tutur anggota DPRD Medan ini. (anita/hm14)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: