Yahudi Khawatir, Catatan Pidato Diktator Nazi Hitler Dilelang

Yahudi Khawatir, Catatan Pidato Diktator Nazi Hitler Dilelang
Adolf Hitler .(f:ist/mistar)

Berlin, MISTAR.ID
Naskah sebanyak sembilan halaman dengan tulisan tangan asli dari diktator Nazi, Adolf Hitler menguraikan pidatonya kepada perwira militer baru di Berlin pada 1939. Peristiwa tersebut sekitar delapan bulan sebelum dimulainya Perang Dunia II.

Kini, catatan pidato tulisan tangan Hitler ini dijual di pelelangan di Munich Jerman, pada Jumat (23/10/20). Acara tersebut menimbulkan kekhawatiran dari kelompok-kelompok Yahudi bahwa dapat mendorong neo-Nazi.

Rumah lelang Hermann Historica tetap mempertahankan penjualan manuskrip tersebut. Semua dokumen tersebut tertanggal sebelum pecahnya Perang Dunia II.

Baca Juga:Buaya Milik Hitler Mati Di Usia 84 Tahun

Hermann Historica mengatakan, manuskrip itu memiliki makna sejarah dan sudah seharusnya dijaga di museum atau peneliti. Semua dokumen tersebut dijual kepada penawar anonim dengan harga jauh di atas harga awal mereka. Naskah itu terjual dengan harga tertinggi 34.000 euro.

Tapi, sebelum naskah tersebut terjual dalam pelelangan, perwakilan komunitas Yahudi mengkritik penjualan dokumen tersebut. Kelompok itu mengatakan, dokumen tersebut dapat menjadi makanan yang disambut baik oleh neo-Nazi pada saat kejahatan anti-Semitisme dan anti-Semit sedang meningkat di Jerman dan Eropa.

Baca Juga:Rumah Kelahiran Hitler Bakal Diubah Jadi Kantor Polisi

Kepala Asosiasi Yahudi Eropa yang berbasis di Brussel, Rabbi Menachem Margolin menyatakan, penjualan dokumen tersebut adalah langkah membantu melegitimasi penggemar Hitler untuk berkembang.

“Saya tidak bisa memusatkan perhatian pada ketidaktanggungjawaban dan ketidakpekaan semata-mata, dalam iklim yang begitu panas, dari menjual barang-barang seperti ocehan pembunuh terbesar orang Yahudi di dunia kepada penawar tertinggi,” kata Margolin dikutip dari DW.(ltn/hm10)