31.7 C
Medan
Saturday, May 21, 2022
spot_img

WNI di Tonga Belum Bisa Dikontak Usai Hantaman Tsunami

Jakarta, MISTAR.ID

Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBPP) Indonesia untuk Selandia Baru yang mencakup Kerajaan Tonga, Samoa, Kepulauan Cook dan Nieu, Fientje Maritje Suebe, mengatakan pihaknya belum bisa berkomunikasi lebih lanjut dengan Warga Negara Indonesia (WNI) di Tonga.

“Dengan Tonga, komunikasi belum bisa berlanjut. KBRI Wellington terus berupaya mengontak WNI yang berada di Tonga,” kata Fientje, Sabtu (15/1/22).

Gunung berapi bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha’apai di Tonga mengalami erupsi pada Sabtu (15/1/22). Badan Meteorologi Tonga kemudian menyampaikan keadaan darurat diberlakukan untuk seluruh pulau di Tonga. Saat ini Tsunami sudah menerjang Tonga. Media melaporkan rumah, gereja dan pelbagai properti lainnya di negara tersebut hancur.

Baca Juga:Warga Panik, Tonga Diterjang Tsunami

Ledakan gunung itu juga terasa hingga Samoa dan Fiji. Menurut Fientje, satu WNI di Samoa menyampaikan tidak ada peringatan berkenaan dengan erupsi itu. Namun Pemerintah setempat meminta masyarakat untuk waspada.

Imbas erupsi itu, pemerintah Tonga juga sempat mengeluarkan dua kali peringatan tsunami. Namun, peringatan itu sudah cabut di hari yang sama.

Selandia Baru juga mengeluarkan peringatan tsunami. Badan Nasional Penanggulangan Bencana Selandia Baru (NEMA) memperkirakan, wilayah pesisir Selandia Baru di pantai utara dan Timur Pulau Utara, serta Kepulauan Chatham akan mengalami gelombang tak terduga, dan arus kuat yang tak biasa.

Baca Juga:Gunung Meletus di Tonga, Selandia Baru Rilis Peringatan Tsunami

“Kami mengeluarkan imbauan nasional: aktivitas tsunami usai letusan Tonga,” kicau NEMA di Twitter.(cnn/hm15)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: