25 C
Medan
Friday, May 20, 2022
spot_img

WHO: Hentikan Skandal Kesenjangan Global Vaksin Covid

Ankara, MISTAR.ID

Diskriminasi pendistribusian vaksin Covid-19 menjadi sorotan badan kesehatan dunia WHO, setelah melihat terjadi kesenjangan global dalam distribusi dan akses vaksin virus corona.

Kepala Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Jumat (12/11) mengatakan hal itu. Menurutnya, kesenjangan dalam distribusi dan akses vaksin Covid-19 di seluruh dunia ‘menjadi sebuah skandal yang harus dihentikan sekarang’.

“Setiap hari ada enam kali lipat (vaksin) booster yang diberikan secara global dibanding dosis pertama di negara-negara berpenghasilan rendah,” kata Tedros saat konferensi pers, Jumat waktu setempat.

Baca Juga: Terungkap, Perebutan Vaksin Covid-19 di Dunia Makin Keras

Kesenjangan global paling kentara di Afrika, yang baru 6 persen dari populasinya mendapatkan vaksin lengkap, menurut data WHO terkini.

WHO juga sedang bergelut dengan krisis Covid-19 baru di Eropa. Hampir 2 juta kasus baru tercatat dalam sepekan terakhir, sehingga menjadi catatan yang tertinggi dalam sepekan sejak awal pandemi di benua tersebut.

Badan kesehatan PBB itu berencana memvaksin 40 persen populasi di setiap negara hingga akhir 2021. Namun, pihaknya menyebutkan bahwa perlu 550 juta dosis tambahan untuk memenuhi target tersebut.(anadolu/ant/hm02)

 

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: