25 C
Medan
Friday, May 27, 2022
spot_img

Tiongkok Dukung Prinsip Indo-Pasifik ASEAN

Beijing, MISTAR.ID

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengatakan, ASEAN Outlook on the Indo-Pacific menjunjung tinggi prinsip yang sejalan dengan kebijakan luar negeri Beijing. Pernyataan tersebut diutarakan seiring Tiongkok mendukung prinsip Indo-Pasifik yang dikemukakan ASEAN.

“Konsep Indo-Pasifik ASEAN memiliki keterbukaan, transparansi, kesetaraan, inklusivitas, saling menghormati dan percaya, serta non-intervensi. Konsep dan prinsip ini sesuai dengan tujuan Piagam PBB dan sejalan dengan pemikiran kebijakan luar negeri Tiongkok,” kata Wang Yi dalam pidato kunci di Global Town Hall (GTH) 2021 seperti dikutip media, Minggu (21/11/21).

Ia menambahkan, ASEAN dan Tiongkok bekerja sama produktif di bidang maritim, konektivitas, pembangunan berkelanjutan, dan ekonomi. Menurutnya, Tiongkok siap memperdalam kerja sama di empat bidang tersebut.

Baca Juga:Warga Myanmar Kecam Konsensus ASEAN-Junta

Dalam dua hari ke depan, ASEAN dan Tiongkok akan memperingati 30 tahun hubungan dialog. Wang Yi mengatakan, para pemimpin akan meninjau pencapai besar dan pengalaman yang didapat selama kerja sama ini. “Para pemimpin akan membuat rencana dan memetakan kemajuan di masa depan untuk membantu meningkatkan kemitraan antara ASEAN dan Tiongkok,” lanjutnya.

Ia mengatakan, kerja sama ASEAN dan Tiongkok akan terus terjalin untuk membuka masa depan yang lebih cerah bagi masyarakat dunia. GTH 2021 merupakan acara tahunan yang diselenggarakan Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI). Tahun ini, GTH 2021 mengangkat tema ‘Managing Competition, Conflict, and Cooperation in a Pandemic World’. (medcm/hm12)

Related Articles

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: