30 C
Medan
Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Thailand Tolak Model yang Mencela Junta Myanmar dalam Pidato Kontes

Bangkok, MISTAR.ID

Seorang model Myanmar yang berlindung di Thailand setelah berbicara menentang kudeta militer di tanah airnya, telah diblokir untuk kembali ke Bangkok, pihak berwenang Thailand mengatakan pada hari Kamis (22/9/22). Apa yang dikatakan manajernya adalah peringatan Interpol.

Han Lay, yang menarik perhatian internasional tahun lalu dengan pidato kontes kecantikan yang mengharukan, menyerukan bantuan mendesak bagi rakyat Myanmar selama tindakan keras militer. Dia tidak memiliki visa yang sah untuk memasuki Thailand, kata departemen imigrasi.

Wanita berusia 23 tahun itu tidak ditahan dan sedang diatur untuk naik pesawat keluar dari Thailand, kata departemen itu dalam sebuah pernyataan.

Baca juga:Junta Myanmar Menghukum Mantan Duta Besar Inggris Satu Tahun Penjara atas Tuduhan Imigrasi

Nawit Itsaragrisil, pendiri kontes Miss Grand International Thailand, yang juga mewakili Han Lay, mengatakan dia telah berada di area transit bandara Bangkok sejak Rabu sore (21/9/22).

Dia mengatakan Han Lay dihentikan pada saat kedatangan karena dia adalah subjek peringatan Interpol.

“Dia tidak ingin pergi ke tempat lain. Dia ingin tinggal di Thailand,” katanya kepada Reuters. “Dia sedang menunggu solusi tentang bagaimana dia bisa tinggal di Thailand.”

Myanmar mengalami krisis sejak kudeta pada Februari tahun lalu, memicu protes yang ditindas militer dengan kekuatan mematikan dan ribuan penangkapan.

Sejak merebut kekuasaan, junta yang dipimpin oleh Min Aung Hlaing telah memulai tindakan keras berdarah terhadap setiap oposisi terhadap kekuasaannya.

Tindakan keras junta telah mencakup banyak target, dari kelompok pro-demokrasi dan pemuda, hingga aktivis, politisi dan bahkan selebriti dan influencer media sosial.

Militer telah dituduh melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan dan kejahatan perang oleh Amerika Serikat, Perserikatan Bangsa-Bangsa dan badan-badan internasional lainnya ketika mencoba untuk menegaskan kendali atas rakyat, yang terus melakukan kampanye perlawanan massal.

Seorang juru bicara dewan militer yang berkuasa di Myanmar tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar. Interpol tidak segera menanggapi permintaan komentar tentang apakah Han Lay menjadi subjek peringatan Interpol.

Baca juga:Terjerat Pelanggaran Imigrasi, Junta Myanmar Dakwa Mantan Duta Besar Inggris

Han Lay adalah seorang kontestan di Miss Grand International ketika video menjadi viral di media sosial tentang dia menahan air mata di atas panggung ketika berbicara tentang pertumpahan darah di Myanmar, pada hari ketika lebih dari 140 demonstran terbunuh.
Dalam sebuah wawancara dengan Reuters tahun lalu, dia mengatakan orang-orangnya “tidak akan pernah menyerah”.

Postingan Instagram Han Lay menunjukkan bahwa dia telah menghabiskan sebagian besar tahun terakhirnya di Thailand. Dia kembali ke negara itu dengan penerbangan dari Vietnam ketika dia ditolak masuk. (cnn/hm06)

Related Articles

TRENDING NOW

Warga Dairi Demo ke Gedung DPRD, Ini Tujuannya

Dairi, MISTAR.ID Puluhan warga Kabupaten Dairi kembali melakukan aksi demo terkait pembahasan P-APBD 2022 ke Gedung DPRD Dairi di Jalan Sisingamangaraja, Sidikalang, Senin (3/10/22). Namun...

F-PKS DPRD Dorong Pemko Medan Kelola Aset Lebih Baik

Medan, MISTAR.ID Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Kota Medan mendorong Pemerintah Kota Medan melakukan pengelolaan aset lebih baik lagi. Harapan ini disampaikan juru bicara Fraksi...

Stay Connected

2,753FansLike
12,688FollowersFollow
20,700FollowersFollow
2,600FollowersFollow

Latest Articles

%d bloggers like this: